Kabut Asap Semakin Tebal Selimuti Kota Padang

Kabut asap tebal Kota Padang. FOTO/IKHWAN
Kabut asap tebal Kota Padang. FOTO/IKHWAN

Kabut asap kiriman dari kebakaran hutan yang terjadi di Provinsi Riau dan Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat membuat Kota Padang saat ini diselimuti asap tebal.

Terpantau, Kamis (27/2) sejumlah masyarakat telah memakai masker guna menghindari bahaya dari asap tersebut. Hal ini juga berakibat sejumlah aktivitas juga terganggu lantaran takut menghirup udara tidak sehat itu.

“Kemarin kabutnya tidak separah ini, tetapi mulai pagi hari tadi semakin tebal. Saya sendiri hanya jika perlu saja keluar hari ini, soalnya takut menghirup udara yang tak sehat,” kata Gebby, salah seorang warga di kawasan Jati, Kota Padang.

Menghindari dampak itu pun, sekitar pukul 13.00 WIB tampak sejumlah mahasiswa peduli lingkungan membagikan masker untuk masyarakat, terutama pengendara di Jalan Ahmad Yani, Kota Padang.

Sementara, Analisis Forecester BMKG Ketaping, Yuni Fitria menyebutkan, akibat asap tebal itu, saat ini jarak pandang berkisar 600 hingga 900 meter. “Kabutnya tidak separah dengan Provinsi Riau untuk hari ini, tetapi masyarakat kalau bisa memakai masker agar tidak menghirup udara tak segar tersebut,” katanya di Padang.

Dikatakan, Yuni, masyarakat yang tengah mengendarai motor agar menghidupkan lampu kendaraannya. Hal ini dilakukan guna mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan.

“Kemungkinan kabut asap bertambah tebal karena tidak adanya hujan pada titik api, sedangkan di Kota Padang sendiri, hujan hanya terjadi tadi malam, dan itu pun dalam identitas sedang,” pungkasnya.

Hingga saat ini, aktifitas di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) masih berjalan normal. Diperkirakan, kabut asap ini akan semakin tebal, mengingat masih tingginya kadar asap akibat kebakaran hutan di Provinsi Riau dan Kabupaten Pasaman Barat.

Komentar
Loading...
BERITA TERKAIT