Kabut Asap, Penerbangan BIM Masih Normal

Matahari cukup tak tampak akibat kabut asap di Kota Padang. Foto : Ikhwan

Matahari cukup tak tampak akibat kabut asap di Kota Padang. Foto : Ikhwan

Kabut asap yang terus menyelimuti Sumatera Barat (Sumbar) hingga saat ini, Kamis (2/9) belum menganggu aktivitas penerbangan di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) Ketaping, PadangPariaman.

Humas PT Angkasa Pura II BIM, Yosrizal mengatakan, penerbangan di BIM hingga saat ini masih berjalan normal. “Sampai sekarang, belum ada gangguan,” katanya di Padang.

Hal ini mengingat jarak pandang yang masih bisa dilalui pesawat pada Runway (landasan). “Untuk saat ini, jarak pandang berkisar 2.500 meter. Tadi pagi, sempat turun sampai 1.500 meter, tapi masih aman untuk melakukan penerbangan,” jelasnya.

Batas tidak aman penerbangan, dijelaskan Yosrizal jika jarak pandang dibawah 800 meter. “Kalau sudah 800 meter kebawah, terpaksa tidak bisa dilakukan penerbangan, karena sudah tidak kelihatan. Jika 1.000 meter masih diperbolehkan untuk melakukan penerbangan,” terangnya.

Terkait apakah peningkatan penerbangan di BIM semenjak sejumlah Bandara yang terkena dampak kabut asap ditutup, sampai saat ini disebutnya belum ada. “Untuk sampai sekarang belum ada Ekstra Flight, mungkin nanti kalau tambah parah, ada yang mengajukan,” tuturnya.

Komentar