Kabut Asap Mulai Selimuti Sumbar

Ilustrasi kabut asap di Kota Padang. Foto : Huda Putra.

Ilustrasi kabut asap di Kota Padang. Foto : Huda Putra.

Semenjak sepekan belakangan, hotspot (titik panas) kembali muncul pada sejumlah daerah, terutama di Pulau Sumatera.

Bagian Data Informasi Global Atmosfer Watch (GAW) KotoTabang, Albert menyebutkan, hari ini titik panas terpantau sebanyak 35 titik pada Pulau Sumatera berdasarkan Satelit NOAA-18.

35 titik tersebut tersebar pada Aceh 10 titik, Sumatera Utara 9 titik, Sumatera Barat 5 titik dan Riau 11 titik. “Untuk Sumatera Barat sendiri, terpantau 4 titik di Pasaman Barat dan 1 titik di Dharmasraya,” katanya saat dikonfirmasi via telepon di Kototabang, Sumatera Barat, Senin (23/2).

Diakui Albert, sepekan belakangan, titik panas terbanyak didominasi pada daerah Riau. “Memang terlihat selama sepekan belakangan, titik panas terbanyak di Riau. Beberapa hari lalu, sempat 18 titik panas terpantau di Riau,” jelasnya.

Terkait kualitas udara, saat ini disebut Albert masih dalam relatif baik. “Terakhir kita pantau jam 9 pagi, kadar udara atau PM 10 pada level 30 ug/m3 atau masih kategori baik,” tuturnya.

Selain itu, berdasarkan informasi yang didapatkan pihaknya, dampak kabut asap sedikit terasa pada Kabupaten 50 Kota. “Kabarnya yang kita dapatkan informasi, disana sudah ada kabut asap, tapi masih dalam intensitas yang belum buruk,” katanya.

Sementara itu, Kota Padang sendiri semenjak pagi hari hingga saat ini terlihat ditutupi kabut asap.

Komentar

Kabut Asap Peristiwa