Jokowi ‘Pingin’ Punya BUMN Khusus Energi Bumi

Presiden RI, Joko Widodo. Foto : Rimanews

Tingginya potensi kekuatan energi panas bumi di Indonesia harus bisa dijadikan sumber energi terbarukan. Untuk menggarap besarnya potensi panas bumi Indonesia, Presiden Joko Widodo bahkan ingin membentuk BUMN khusus yang mengelola sumber energi ini.

“Potensi ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin, apalagi informasi dari hasil penelitian berbagai pakar, potensi energi panas bumi ini mencapai 25 ribu megawatt (MW),” katanya saat membuka Indonesia Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE)-Conex 2015 di Jakarta, Rabu (19/8/2015).

Jokowi menegaskan, pemerintah saat ini memberikan perhatian khusus kepada energi baru dan terbarukan khususnya energi panas bumi, apalagi potensinya sangat besar mulai dari Sabang hingga Merauke.

“Indonesia memiliki potensi baru dan terbarukan yang sangat besar dan kami yakin Indonesia bisa berdaulat energinya,” tambahnya.

Di tengah turunnya harga minyak seperti saat ini, Jokowi meminta para investor tidak khawatir karena panas bumi bukan lagi menjadi energi alternatif tetapi sudah menjadi energi utama mengingat semakin tipisnya cadangan energi yang bersumber dari fosil seperti minyak bumi.

(Rimanews)

Komentar

BUMN Jokowi Jokowi-JK Pemerintah