Kabarpadang.com
Mengabarkan Ranah Minang

Jelang Putusan MK, Polda Sumbar Terapkan Siaga 1

Apel Pagi Siaga 1 Pengamanan kepolisian jelang putusan Mahkamah Konstitusi terkait sengketa Pilpre di Mapolda Sumbar. Foto : Ikhwan
Apel Pagi Siaga 1 Pengamanan kepolisian jelang putusan Mahkamah Konstitusi terkait sengketa Pilpre di Mapolda Sumbar. Foto : Ikhwan

Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Barat (Sumbar) menerapkan siaga 1 jelang pengumuman putusan gugatan Prabowo-Hatta di Mahkamah Konstitusi. Setidaknya, sekitar 1.400 personel dari berbagai satuan pada Polda Sumbar diterjunkan.

Karo Ops Polda Sumbar, AKBP Suwardi menyebutkan, pihaknya telah menerapkan siaga mulai dari Rabu (20/8) kemarin.

“Kita siaga 1 sehubungan dengan situasi Indonesia jelang putusan MK di Jakarta. Semua personel sekarang siap siaga 24 jam, termasuk alat-alat lainnya,” katanya usa Apel Pasukan pengamanan Siaga 1 putusan MK di Mapolda Sumbar, Kota Padang, Kamis (21/8).

Ia menjelaskan, pihaknya juga menetapkan status Siaga 1 pada seluruh Polres di 19 Kabupaten/Kota di Sumatera Barat. “Untuk masing-masing Polres juga siap siaga 24 jam saat ini. Sedangkan, untuk Polda Sumbar sendiri kami menurunkan 2/3 kekuatan pasukan atau sekitar 1.400 personel,” jelasnya.

Polda Sumbar juga mengaku siap selalu apabila diminta untuk bergeser ke Jakarta. “Kita saat ini terus pantau situasi Nasional. Nanti, apabila kita diminta bergeser ke Jakarta, untuk perbantuan pengamanan kita siap selalu,” tegasnya.

Selain itu, Polda Sumbar juga menyiagakan personel pada seluruh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten/Kota dan Provinsi Sumatera Barat. “Seluruh KPU saat ini juga menjadi titik penjagaan kita,” katanya.

Sementara itu, ia menyebut hingga saat ini kondisi Sumatera Barat masih dalam keadaan kondusif. “Sampai saat ini aman, kita tahu masyarakat Sumbar itu tidak ingin repot-repot. Namun, walaupun demikian kita tetap waspada,” tuturnya.

Status Siaga 1 sendiri akan diterapkan hingga situasi Nasional sudah dalam keadaan aman dan kondusif. “Kalau nanti siang atau malam sudah aman, status Siaga 1 kita cabut, tetapi kalau belum, ya dilanjutkan,” pungkasnya.

Komentar
Loading...
BERITA TERKAIT