Kabarpadang.com
Mengabarkan Ranah Minang

Jelang Lebaran, Penebusan Barang Gadai Meningkat

Ilustrasi Pegadaian Barang di Pegadaian. Foto : Tempo
Ilustrasi Pegadaian Barang di Pegadaian. Foto : Tempo

Penebusan barang gadai jelang lebaran meningkat di Kota Padang. Hal ini terlihat lonjakan masyarakat yang menebus barang gadaiannya di Pegadaian Regional Padang, Tarandam, Kota Padang, Kamis (24/7).

Asisten Manager Mikro Pegadaian Regional Padang, Yola Yolanda mengakui memang adanya lonjakan penebusan barang gadai jelang lebaran. Yola menyebut, saat ini masyarakat lebih cenderung menebus daripada menggadaikan barang.

“Memang ada lonjakan sekitar 15 persen dari hari biasanya jelang lebaran ini. Masyarakat sendiri lebih cenderung menebus barang gadaiannya, ketimbang menggadaikan barang,” katanya.

Menurutnya, peningkatan dalam segi menebus barang gadai karena masyarakat ingin memakai barang gadainya tersebut saat lebaran nanti.

“Kebanyakan memang masyarakat ingin menebus barang gadainnya untuk dipakai pada lebaran nanti, terutama emas. Kemudian, usai lebaran, jumlah penggadai kemungkinan akan naik,” jelasnya.

Peningkatan sendiri telah dimulai selama sepekan belakangan. Untuk barang gadaian juga masih didominasi oleh emas. “Kebanyakan memang emas, tetapi elektronik juga banyak. Untuk jumlah penggadai cukup meningkat dari hari biasanya,” tuturnya.

Selain itu, terkait harga emas, disebut Yola masih dalam keadaan stabil. “Ada sempat turun, tetapi setelah itu naik lagi. Kalau kita lihat harga emas masih dalam keadaan stabil,” katanya.

Pihaknya sendiri memprediksi lonjakan penebusan dan pegadaian barang akan terus melonjak hingga Sabtu (26/7) mendatang.

Komentar
Loading...
BERITA TERKAIT