Jabat Gubernur Sumbar, Reydonnyzar Tetap Dirjen Keuangan Daerah

Pj Gubernur Sumatera Barat, Reydonnyzar Moenek. Foto : Istimewa

Pj Gubernur Sumatera Barat, Reydonnyzar Moenek. Foto : Istimewa

Walaupun menjabat sebagai Penjabat (Pj.) Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Reydonnyzar Moenek tetap tercatat sebagai Dirjen Keuangan Daerah Kementeri Dalam Negeri (Kemendagri) RI.

“Betul, saya tetap selaku Dirjen Keuangan Daerah Kemendagri, hanya saja untuk saat ini saya diberi tugas memimpin Pemerintahan Sumbar sampai terpilihnya Gubernur definitif hasil Pilkada serentak 9 Desember,” kata Pj Gubernur Sumbar, Reydonnyzar Moenek usai Upacara Peringatan HUT RI ke-70 di Kantor Gubernur Sumbar, Senin (17/8).

Ia menjelaskan tentang mekanisme pemilihan para Pj Gubernur di Indonesia. Sesuai dengan aturan Undang-undang Tentang Pemerintahan Daerah No.23 tahun 2014 beserta turunannya dengan jelas menerangkan Pj Gubernur harus diambil dari Pejabat Eselon I Kemendagri.

“Karena itu, ini perintah Undang-undang dan harus dilaksanakan, makanya Pejabat teras Eselon I Kemendagri ditunjuk. Ini mungkin karena Eselon I dianggap cakap dan berpengalaman untuk Pj Gubernur, ada delapan daerah lagi yang juga Pj Gubernurnya dari Eselon I Kemendagri,” jelasnya.

Gubernur juga menerangkan, jika pejabat Eselon I dari Kemendagri tidak ada, dapat diambil dari Kementerian lainnya yang dinilai cakap. “Kalau tidak ada Eselon I dari Kemendagri, bisa dari Kementerian lainnya, terpenting cakap dan dianggap mampu,” terangnya.

Seperti diketahui, ada sembilan Pj Gubernur yang disiapkan oleh Mendagri untuk mengisi kekosongan jabatan hingga terpilihnya kepala daerah definitif. Tiga diantaranya telah dilantik diantaranya Pj Gubernur Kalimantan Selatan, Jambi, Kalimantan Tengah termasuk Sumbar.

Komentar

Gubernur Sumbar Kemendagri Pilkada Serentak