Ini Tarif Parkir Meter di Padang

Launching Parkir Meter di Padang. Foto : Istimewa

Launching Parkir Meter di Padang. Foto : Istimewa

Mulai hari ini, Kamis (1/9) program Parkir Meter telah diberlakukan oleh Pemerintah Kota (Pemko) Padang. Ada setidaknya tiga titik yang menjadi awal dari pemberlakuan program ‘Smart City’ tersebut. Pemko sendiri menerapkan varian tarif bagi kendaraan yang menggunakan parkir meter.

Adapun tarifnya diterapkan untuk roda dua dengan tarif Rp 2.000 pada satu jam pertama dan Rp 1.000 untuk jam berikutnya. Kemudian ditambah dengan premi asuransi Rp 200 setiap kali masuk parkir. Lalu, untuk kendaraan roda empat diterapkan tarif Rp 3.000 pada satu jam pertama dan Rp 1.000 untuk jam berikutnya dengan premi Rp 300 setiap kali masuk parkir.

Nantinya juru parkir akan menuntun penggunaan kartu di lokasi parkir. Pengelola perparkiran akan memasang parkir meter di sejumlah lokasi dan masyarakat bisa membeli kartu di lokasi tersebut, seharga Rp 20.000 dengan saldo Rp 10.000, Rp 30.000 untuk saldo Rp 20.000, dan Rp 60.000 untuk saldo Rp 50.000.

Walikota Padang, Mahyeldi Ansharullah berharap parkir meter akan berdampak positif. Pasalnya, akan membentuk warga agar disiplin dalam parkir. Selain itu, warga juga terdorong untuk lebih cerdas dalam menggunakan teknologi disaat Padang mulai menerapkan “Smart City”.

“Penerapan parkir meter ini akan mengajak warga untuk lebih disiplin dan cerdas,” katanya di Padang.

Dalam penerapnnya, Pemko Padang menggandeng PT Mas Arya Tunggal Abadi (MATA). Tiga titik diberlakukannya parkir meter ini yakni ruas jalan Permindo, jalan Niaga, dan Pondok.

Komentar

Parkir Meter Smart City