Kabarpadang.com
Mengabarkan Ranah Minang

Ini Penyebab Jakarta Langganan Banjir

Ilustrasi.
Ilustrasi.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyimpulkan beberapa faktor penyebab banjir di Jakarta.

Penyebab utamanya permasalahan banjir di Jakarta ini dikarenakan kawasan di utara mempunyai struktur tanah yang lebih rendah.

“Di bawah muka laut terjadi pasang. Sungai dari Botabek mengalir ke Jakarta dan bermuara di Teluk Jakarta,” kata Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data, informasi dan Humas BNPB di Jakarta, Kamis (27/11).

Pengambilan air tanah juga menjadi penyebab turunnya permukaan tanah. Seperti yang terjadi di Kapuk yang ada perumahan mewah.

“Selain itu air laut yang pasang cenderung meningkat akibat dari pemanasan global.”

Kata dia, pesatnya pembangunan dan perubahan tata guna lahan di daerah hulu, menyebabkan run off. Yakni aliran yang mengalir di atas permukaan menuju sungai, danau, atau laut yang disebabkan curah hujan melebihi laju infiltrasi.

Sedangkan faktor terakhir yang menyebabkan wilayah ibukota sering dilanda banjir yakni kesadaran masyarakat masih rendah soal kebersihan lingkungan. Penumpukan sampah dan hunian ilegal di bantaran kali yang sering mengalami kendala dalam relokasi.

“Ada 4000 KK yang mendiami bangunan ilegal di bantaran kali Pesanggrahan aliran kali Ciliwung dari Srengseng Sawah sampai ke Manggarai.”tutup Sutopo.
(Sumber : Aktual.co)

Komentar
Loading...
BERITA TERKAIT