Kabarpadang.com
Mengabarkan Ranah Minang

Ini Hikmah Puasa Bagi Kesehatan

Ilustrasi Puasa.
Ilustrasi Puasa.

Umat muslim siap memasuki Ramadan. Di bulan yang paling disucikan itu pahala amal ibadah dilipatgandakan. Meski yang mampu menilai puasa seseorang hanyalah Allah, namun ada faedah lainnya yang bisa dilihat dan dirasakan oleh manusia. Apa saja itu?

Dari segi spiritual atau rohani, puasa merupakan cara manusia untuk mengekang hawa nafsu dan mengendalikan egonya. Selain itu, puasa juga bisa membuat pikiran dan jiwa tenang sehingga berimbas pada sikap manusia.

Puasa juga sebagai pengingat bahwa manusia itu sebenarnya lemah tanpa pertolongan orang lain. Hal ini akan membuat manusia untuk selalu rendah hati, menghormati sesama dan tidak mementingkan diri sendiri.

Puasa membantu muslim untuk tidak menjadi berlebihan dalam segala hal yang kini sudah seperti norma dalam kehidupan modern. Puasa juga jadi cara kita untuk bersyukur atas nikmat Allah yang tak terhitung banyaknya, terutama kesehatan yang kita dapat selama menjalankan puasa.

Dengan merasakan lapar dan haus akan menimbulkan rasa empati dan simpati kepada mereka yang hidup kekurangan. Seperti yang dikatakan Nabi Muhammad, “Allah berkata, setiap amalan anak Adam adalah untuk mereka kecuali puasa, maka ia adalah untuk-Ku dan Aku yang mengganjarnya”.

Dari segi kesehatan, puasa dapat membakar kelebihan lemak dalam tubuh. Dengan demikian racun dalam tubuh juga ikut hilang. Penghilangan racun tubuh ini akan menyebar ke liver, empedu, kulit dan orang tubuh lainnya.

Selain itu, puasa adalah cara kita memberi waktu organ pencernaan untuk istirahat. Meski proses mencerna tetap berlangsung tapi tingkat kecepatannya berkurang sehingga membantu keseimbangan cairan dalam tubuh.

Puasa juga bisa menjadi cara ampuh dalam mengurangi tekanan darah. Ini membantu untuk mengurangi risiko aterosklerosis (penyumbatan pembuluh darah oleh timbunan lemak).

Puasa bisa menjadi salah satu cara untuk menurunkan berat badan karena fungsi puasa adalah mengurangi timbunan lemak dalam tubuh. Saat makan buah untuk berbuka puasa, maka akan meningkatkan asupan serat, vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Ini akan meningkatkan kekebalan tubuh orang yang berpuasa.

Selain hal di atas, muslim juga dianjurkan untuk melakukan salat tarawih. Meski bukan wajib, tapi salat tarawih membantu tubuh dalam memanfaatkan makanan saat habis berbuka. Gerakan tarawih yang ringan dapat mencegah terjadinya stagnasi makanan di lambung. Salat tarawih yang biasanya panjang juga menjadi semacam olah raga ringan bagi sendi-sendi.

Di bulan Ramadan, muslim sebaiknya sering-sering membaca Alquran. Selain menenangkan hati dan pikiran, membaca Alquran juga bisa melatih ingatan. Apalagi membaca Alquran di bulan Ramadan, pahalanya semakin berlipat-lipat.

Manfaat bulan Ramadan yang paling ditunggu-tunggu kaum muslim adalah turunnya malam Lailatul Qadr yang ada di 10 hari terakhir bulan kesembilan di kalender Islam itu.

Meskipun setiap malam di bulan Ramadan adalah suci dan memiliki nilai pahala tinggi, tapi malam Lailatul Qadr memiliki pahala yang nilainya seribu bulan.

(ArabNews/Merdeka)

Komentar
BERITA TERKAIT