Kabarpadang.com
Mengabarkan Ranah Minang

Imigrasi Amankan Tujuh WNA Asal Tiongkok

Ilustrasi. Foto : SinarHarapan
Ilustrasi. Foto : SinarHarapan

Sebanyak tujuh Warga Negara Asing (WNA) asal Tiongkok ditangkap oleh pihak Imigrasi. Penangkapan ini dilakukan karena ketujuh WNA itu mensalahgunakan Visa, bahkan juga diduga melakukan penambangan ilegal di Kabupaten Solok Selatan.

Kepala Kantor Imigrasai Kelas I Padang, Yayan Indriana mengaku pihaknya kecolongan dalam pendataan imigrasi setempat. Seharusnya, Imigrasi tetap melakukan pendataan dan pengawasan terhadap sejumlah WNA disana.

“Kali ini kita kecolongan. Harusnya pendataan dari imigrasi setempat tetap dilakukan, apalagi di daerah yang rawan dengan ilegal Meaning,” katanya di Padang, Selasa (26/8).

Pihaknya juga menegaskan akan melakukan penyelidikan menyeluruh terhadap tujuh WNA tersebut. Disamping itu, pihaknya ingin mengungkap jaringan tambang emas ilegal dan mengukur keterlibatan WNA di Kabupaten Solok Selatan.

“Seharusnya penyelidikan lebih komprehensif, karena memang ini sudah melibatkan warga asing,” ujarnya.

Pihaknya juga mengaku tengah melakukan koordinasi dengan kepolisian atas penangkapan tujuh WNA tersebut. “Kita saat ini tengah berkoordinasi dengan pihak kepolisian, apakah akan dideportasi atau dipidanakan,” jelasnya.

Sebelumnya, tujuh WNA tersebut tertangkap tengah menambang emas secara ilegal. Kemudian, mereka langsung diserahkan kepada Dinas Sosial dan Tenaga Kerja dan selanjutnya ke pihak Imigrasi.

Berikut data tujuh WNA asal Tiongkok :

– Hu Chong

– Song Kui

– Xiahong Chen

– Liu Jian

– Liu Renfei

– Chen Shanfeng

– Pang Weisheng

Komentar
Loading...
BERITA TERKAIT