Kabarpadang.com
Mengabarkan Ranah Minang

Hujan Bakal Guyur Sumbar Sepanjang Januari

Ilustrasi. Foto : TribunNews

Hujan dengan intensitas tinggi disertai badai terus melanda Sumatera Barat (Sumbar) semenjak, Rabu (4/1/2017) kemarin, hingga hari ini, Kamis (5/1/2017).

Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Ketaping, jika cuaca ekstrem ini dipengaruhi oleh tekanan rendah pada Barat Daya Lampung dan Utara Aceh.

“Hal ini mengakibatkan terbentuknya belokan massa udara pada wilayah Mentawai, Sumatera Barat,” kata Kasi Observasi dan Informasi BMKG Ketaping di Padang.

Budi menjelaskan, saat ini MJO (Madden Julian Oscillation) atau fluktuasi musiman ditambah dengan suhu muka laut sangat mendukung adanya penambahan uap air pada perairan laut Sumatera Barat.

“Kemudian dari kondisi lokal, dan kelembapan udara perlapisan terlihat cukup basah. Hal ini sangat mendukung untuk terjadinya pertumbuhan awan hujan di Sumbar,” jelasnya.

Lebih lanjut, disebut Budi, pertumbuhan awan hujan pada Barat Mentawai sangat tinggi dengan bergerak menuju kearah timur (daratan) Sumatera Barat.

“Hal ini mengakibatkan hujan-hujan sedang hingga lebat dan bisa disertai angin kencang di wilayah pesisir pantai Sumbar. Awan-awan hujan di pesisir pantai Sumbar meluas ke wilayah Sumbar bagian tengah seperti Agam, Bukittinggi, Padangpanjang, Solok, Pasaman Timur dan sekitarnya,” terangnya.

Pihaknya sendiri memprediksi, kondisi seperti ini akan terus terjadi hingga akhir Januari 2017, mendatang. “Kita prediksi akan terjadi selama bulan Januari, namun akan ada penurunan hingga akhir bulan ini,” tuturnya.

Untuk itu, pihaknya mengimbau kepada masyarakat diseluruh Sumatera Barat agar tetap waspada akan potensi bencana seperti banjir dan longsor.

“Kita himbau masyarakat waspada, terutama yang berada pada lokasi rawan banjir dan longsor. Waspadai juga terhadap kemungkinan pohon tumbang,” harapnya.

Komentar
Loading...
BERITA TERKAIT