Kabarpadang.com
Mengabarkan Ranah Minang

Hong Kong PolyU Lirik Kampus UBH Terkait BSE

Pertemuan sekaligus kunjungan dosen dari Universitas Bung Hatta ke Departement of Building Service Engineering The Hong Kong Polytechnic University (PolyU), di Hung Hom, Kowloon, Hong Kong
Pertemuan sekaligus kunjungan dosen dari Universitas Bung Hatta ke Departement of Building Service Engineering The Hong Kong Polytechnic University (PolyU), di Hung Hom, Kowloon, Hong Kong

The Hong Kong Polytechnic University (PolyU), di Hung Hom, Kowloon, Hong Kong dalam waktu dekat akan mengikat Universitas Bung Hatta (UBH), Padang, Sumatera Barat terkait pendidikan. Kerjasama ini bakal menguntungkan mahasiswa, karena dapat belajar di negara tempat guru besar bela diri Cina pertama, yang mengajarkan Wing Chun, Ip Man.

Salah satu program inti dari pertemuan antara kedua belah pihak ialah pembukaan program studi D4 Pelayanan Elektrikal dan Mekanikal Bangunan (Building Service Engineering), program studi tersebut akan disematkan di Fakultas Teknologi Industri, UBH. Hubungan rencananya dalam tahun ini, selain itu juga terbongkar jika ada beberapa program lain, yakni, penelitian bersama (joint research), pertukaran mahasiswa (student exchange), kunjungan antar dosen (visiting lecturer), pelatihan staf (staff training), dan diskusi kurikulum (curriculum discussion).

Menurut informasi, PolyU sudah lama melirik kampus Proklamator di Padang, Sumatera Barat itu, hanya saja belum ada kode dari pihak universitas, sehingga diharapkan tahun ini rencana program untuk meningkatkan daya saing dalam dunia pendidikan segera terealisasi.

Associate Head of Department & Professor. Prof. Tang Shiu-keung mengatakan, pihaknya tertarik karena  melihat keunggulan dari alumnus dan peranan para dosen Fakultas Teknologi Industri, Universitas Bung Hatta dalam mendidik mahasiswanya. Selain itu, keuntungan dari kedua kampus di dua negara yang berbeda adalah, sama-sama membutuhkan seorang tenaga, ahli bidang elektrik dan mekanik.

Meskipun PolyU sendiri, program tersebut telah ada sejak 1981, dengan sebutan Bulding Sevises Engineering (BSE), dengan harapan, kerjasama terseebut bisa melahirkan seorang ahli bidang elektrik dan mekanik yang kompeten terutama terkait perencanaan, pelaksanaan dan pasca operasi suatu gedung.

“Program ini sangat dibutuhkan sekali sehingga dapat menopang suatu kemajuan negara, baik di Indonesia dan Hong Kong,” kata Prof. Tang Shiu-keung, didampingi Associate Head of Departmen & Associate Professor, Dr. Lee Wai-ling.

Dr. Lee Wai-ling selaku dosen di Departement of Building Service Engineering, The Hong Kong Polytecnic University mendorong akan kerjasama tersebut, dan berharap agar pihak Universitas Bung Hatta mencanangkan program Pelayanan Elektrikal dan Mekanikal Bangunan (Building Service Engineering).

Itikad baik tersebut disambut baik pimpinan universitas, dalam hal ini Dekan Fakultas Teknologi Industri yakni Dr. Hidayat, S.T, M.T.  Ia menyebutkan, telah ada empat tim yang akan menyusun proposal program tersebut.

Keempat dosen tersebut ialah Khaidir, Iman Satria, IPM dan Indra Nisja selaku dosen Fakultas Teknik Industri akan jadi ketua penyusun bidang. Pertemuan dosen masing universitas di dua negara tersebut terjadi pada 17 Agustus 2017, tepat pada momen memperingati hari kemerdekaan ke 72 Republik Indonesia.

Komentar
Loading...
BERITA TERKAIT