Hari Peduli Sampah, Earth Hour Padang Ajak Masyarakat Pungut Sampah Plastik

Peserta Gerakan Aksi pengumpulan sampah plastik di GOR H. Agus Salim Kota Padang. FOTO/HP
Peserta Gerakan Aksi pengumpulan sampah plastik di GOR H. Agus Salim Kota Padang. FOTO/HP

Memperingati Hari Peduli Sampah Nasional 2014, Gerakan Earth Hour Indonesia menggelar aksi pengumpulan sampah plastik serentak pada 23 Kota di Indonesia, Minggu (23/2) pagi. Kota Padang sendiri menggelar aksi tersebut bertempat di GOR H. Agus Salim.

Kegiatan ini sendiri bertemakan Hashtag #PlastikTakAsik yang melibatkan unsur pelajar sekolah Adiwiyata, pegiat Social Media Sumbar dan masyarakat umum yang ada di Kota Padang.

Sekitar 320 orang ikut andil dalam kegiatan sosial ramah lingkungan tersebut. Panitia pun membagi para peserta dengan lima kelompok berbeda yang menyebar disepanjang kawasan tersebut selama dua jam lamanya.

147 kg sampah plastik berhasil dikumpulkan para peserta dalam gerakan nasional ini. Kisaran besar sampah itu juga nantinya akan menjadi acuan bagi Bapedalda Kota Padang dalam menganalisis komsumsi sampah plastik di kawasan tersebut.

“Ini program yang sangat baik bagi lingkungan dan masyarakat, disamping kawasan GOR yang selalu padat pengunjung dapat enak dilihat karena kebersihannya,” kata Kabid PK2L Bapedalda Kota Padang, Masfetrin yang ikut serta dalam kegiatan tersebut.

Diharapkan, gerakan ini dapat memotivasi masyarakat terutama kaula muda dalam menanamkan peduli lingkungan terhadap diri mereka. “Banyak sekali sampah sekarang terutama plastik, memang gelas plastik dikumpulkan pemulung, tetapi plastik seperti makanan pastinya masih bertebaran,” kata Koordinator Earth Hour Padang, Andahayani Yoseph.

Menurutnya, gerakan ini merupakan langkah awal bagi masyarakat agar tidak lagi membuang sampah sembarang. “Gerakan ini merupakan langkah kita bersama-sama dalam mewujudkan perubahan mind set anak muda, khususnya di Kota Padang,” pungkasnya.

Reporter : HP

Editor : WAN

Komentar
Loading...
BERITA TERKAIT