Hari Kartini Yang Tak Terlupakan

kartini2Raden Adjeng Kartini atau yang biasanya lebih akrab dikenal sebagai R.A Kartini adalah sosok perempuan cerdas dan kritis kelahiran Jepara, Jawa Tengah pada 21 April 1879. Beliau adalah seorang Tokoh Jawa sekaligus Pahlawan nasional yang mempelopori kebangkitan wanita pribumi Indonesia.

Sosok yang terkenal dengan semboyan¬†“Habis Gelap Terbitlah Terang”¬†ini adalah sosok perempuan yang berhasil memperjuangkan penyamarataan hak antara wanita dan laki-laki pada masa itu, khususnya dalam bidang pendidikan. Kartini berpendapat bahwa setiap orang itu mempunyai kedudukan dan derajat yang sama, dan tidak boleh ada pembedaan apalagi berdasarkan jenis kelamin. Kartini memperjuangkan kaum perempuan untuk bisa merasakan proses pendidikan yang sama seperti laki-laki. Hingga terciptalah sampai hari ini penyamarataan antara perempuan dan laki-laki dalam perolehan proses pendidikan ataupun penempatan bidang karir.

Presiden Soekarno mengeluarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 108 Tahun 1964 pada tanggal 2 Mei 1964, yang menetapkan Kartini sebagai Pahlawan Kemerdekaan Nasional dan sekaligus menetapkan hari lahir Kartini, tanggal 21 April sebagai peringatan hari besar setiap tahun yang dikenal dengan Hari Kartini.

Hingga hari ini, Hari Kartini masih jadi hari peringatan sejarah penting Indonesia. Hari Kartini biasanya diisi dengan lomba-lomba yang berbau wanita seperti contohnya lomba memasak, fashion show, atau acara-acara yang menggunakan dresscode kebaya. Hari Kartini biasanya juga diisi dengan kegiatan-kegiatan yang mencerdaskan kaum perempuan dan meningkatkan keinginan para perempuan untuk belajar dan mencintai ilmu pengetahuan. Harapan kita semua tentunya, Hari Kartini akan terus jadi titik balik untuk memunculkan sosok-sosok “Kartini” baru yang mampu memberi kontribusi dan memajukan kaum perempuan bangsa ini tentunya.

Komentar
Loading...
Loading...