Kabarpadang.com
Mengabarkan Ranah Minang

Hari ini, Jemaah Syattariyah Puasa Perdana

Ilustrasi Sholat Tarawih
Ilustrasi Sholat Tarawih

Jemaah Syattariyah yang berada di Sumatera Barat baru memulai ibadah puasa pada hari ini, Senin (30/6). Jemaah ini sendiri mengawali puasanya dengan melihat Hilal Ramadhan, Minggu (29/6) kemarin.

Penghitungan jemaah ini dengan cara melihat bulan dengan mata telanjang. Apabila Hilal terlihat, maka puasa dimulai hari ini. Namun, jika belum kelihatan, bulan Sya’ban digenapkan 30.

Di Padang sendiri, jemaah cukup banyak terlihat di Mesjid Koto Tuo, Kecamatan Pauh, Kota Padang. Disini, para jemaah telah melaksanakan sholat Tarawih pertamanya Minggu malam.

Imam Jemaah Syattariyah Kecamatan Pauh, Syafi’i Tuaku Bagindo mengatakan, penganut Tarekat Syattariyah memulai puasa dengan melihat bulan dengan mata telanjang. Penglihatan Hilal ini sendiri, disebut Syafi’i dilakukan di Ulakan, Kabupaten Pariaman.

“Iya, kemarin sore, para penganut Syattariyah telah melihat Hilal. Kami melihatnya dengan cara mata telanjang di Ulakkan, Kabupaten PadangPariaman. Maka otomatis, tadi malam kami sudah melaksanakan Tarawih pertama,” katanya saat ditemui di Mesjid Koto Tuo, Kecamatan Pauh, Kota Padang, Senin (30/6).

Ia menjelaskan, perhitungan Syattariyah didasarkan dengan mempertemukan huruf bulan dan huruf tahun. “Hal ini merupakan tradisi turun menurun yang sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu,” jelasnya.

Selain itu, penganut Tarekat Syattariyah tersebar di sejumlah daerah seperti Provinsi Jambi, Riau, DKI Jakarta dan Sumatera Selatan. “Kalau terbanyak ya di Sumatera Barat seperti PadangPariaman, Pariaman dan Payukumbuh,” tuturnya.

Komentar
Loading...
BERITA TERKAIT