Kabarpadang.com
Mengabarkan Ranah Minang

Hari Ini, Jemaah Syattariyah Baru Laksanakan Shalat I’d

Ilustrasi Shalat Idul Adha. Foto : Solopos
Ilustrasi Shalat Idul Adha. Foto : Solopos

Berbeda dengan Pemerintah, Jemaah Tarekat Syattariyah di Sumatera Barat baru melaksanakan Hari Raya Idul Adha 1435 Hijriah hari ini, Senin (6/10). Salah satunya terlihat pada Mesjid Tajul Arifin, Gunung, Kecamatan Pauh, Kota Padang.

Disini terpantau, ratusan jemaah melaksanakan Shalat Idul Adha.

Imam Jemaah Syattariyah setempat, Ali Akbar menyebutkan, penetapan Hari Raya Idul Adha bagi jemaahnya ditentukan berdasarkan penghilatan bulan dengan mata telanjang, ditambah penghitungan kalender Syattariyah.

“Kalender ini juga kita gunakan saat penentuan 1 Ramadhan dan 1 Syawal kemarin. Metode kalender ini juga sudah dipakai secara turun temurun oleh para jemaah,” katanya kepada wartawan.

Hal berbeda juga terlihat disini. Usai shalat Idul Adha dilaksanakan, khutbah oleh khatib menggunakan bahasa Arab. Kemudian, dilanjutkan dengan pemotongan hewan qurban.

Selain itu, Ali menjelaskan, jemaah Syattariyah tersebar pada sejumlah daerah di Sumatera Barat seperti Pesisir Selatan, Batusangkar, Sijunjung dan Solok.

“Untuk di Kabupaten PadangPariaman misalnya, jemaah tersebar pada Kecamatan Sungai Sariak, Patamuan dan berpusat di Ulakan Tapakis, dimana juga serentak menggelar hari raya idul adha hari ini,” jelasnya.

Sementara itu, walaupun pelaksanaan Hari Raya Idul Adha berbeda dengan yang lainnya, namun pelaksanan ibadahnya tetap sama. “Walaupun berbeda dengan pemerintah setiap tahun, tetapi tata cara pelaksanaan ibadahnya tetap sama sesuai ajaran islam,” tutupnya.

Komentar
Loading...
BERITA TERKAIT