Hari Ini, Disdik Sumbar Mulai Distribusikan Naskah UN

Ilustrasi. Foto : Istimewa

Ilustrasi. Foto : Istimewa

Dinas Pendidikan (Disdik) Sumatera Barat (Sumbar) mulai mendistribusikan naskah Ujian Nasional (UN) hari ini, Jumat (10/4).

Ketua Panitia UN Sumbar, Bustavidia mengatakan, distribusi naskah UN untuk Kabupaten didistribusikan hari ini, sedangkan Kota mulai besok, Sabtu (11/4) besok. “Kita targetkan semuanya paling lambat selesai besok untuk distribusi naskah UN,” katanya kepada wartawan di Padang.

Disebut Bustavidia, hingga saat ini belum ada laporan terkait kendala dalam mendistribusikan naskah UN tersebut. “Belum ada kendala sampai saat ini, alhamdulillah masih aman terkendali,” jelasnya.

Untuk peserta UN tahun 2015 sendiri di Sumbar berjumlah 175.075 pelajar. “Yang tidak dapat melaksanakan UN sampai saat ini belum ada. Termasuk, yang ujian di Rumah Sakit maupun Rumah Tahanan belum ada sampai sekarang,” terangnya.

Terkait pembuatan soal UN di Sumbar saat ini tidak lagi dari Pemerintah Pusat. “Sekarang diserahkan kepada masing-masing daerah, jadi Panitia UN Sumbar lah yang mengadakan naskah ujian tersebut bersama satuan pendidikan terkait,” katanya.

Sementara itu, pengawasan UN saat ini juga tidak lagi melibatkan pihak kepolisian. “Sesuai himbauan dari Kementerian Pendidikan, pengawas untuk UN tahun ini diserahkan kepada masing-masing sekolah. Hal ini supaya membuat nyaman siswa saat mengikuti Ujian Nasional,” pungkasnya.

Komentar

Pemerintah Sumbar Ujian Nasional