Hadapi PON Jabar, Takraw Sumbar Mulai Berlatih

Ilustrasi Takraw

Ilustrasi Takraw

Menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) Jawa Barat pada November mendatang, tim Takraw Sumatera Barat mulai hari ini, Rabu (6/1) mulai berlatih di Gedung Serbaguna KONI sumbar, GOR H Agus Salim, Kota Padang.

Masuk tim Takraw Sumbar tersebut, setelah berhasil mendapatkan medali emas untuk tim putra dan medali perak untuk tim putri pada Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) se-Sumatera di Bangka Belitung, beberapa bulan lalu.

Pelatih tim Takraw Sumbar, Sabarudin menjelaskan, program latihan awal akan dimulai dengan persiapan fisik para petakraw. ”Kami akan terlebih dahulu latihan fisik, seperti joging dan latihan kecepatan. Kalau fisik sudah mulai mantap baru dilanjutkan latihan teknik per individu. Nanti kami akan latihan setiap hari kecuali hari Sabtu. Karena Sabtu ada program KONI latihan bersama,” katanya di Padang.

Tak hanya itu, tim Takraw yang terdiri dari 24 pemain ini berencana akan menggelar Try Out ke Thailand pada bulan Mei mendatang. “Thailand dipilih karena cabang Takraw Thailanda terbaik se Asia Tenggara,” sebutnya.

Sabarudin sendiri menargetkan anak asuhnya dapat meraih medali emas pada perhelatan olahraga terbesar di Indonesia tersebut. “Pastinya, kita ingin hasil yang paling maksimal, untuk itu kita terus melakukan persiapan yang matang,” katanya.

Tim Riau sendiri masih diakui Sabarudin menjadi lawan terberat timnya. ”Untuk saat ini, kami masih melihat tim takraw Riau berada diatas Sumbar. Meskipun pada Porwil lalu, tim Sumbar mampu menang melawan Riau,” terangnya.

Selain tim Riau, Jawa Timur juga dianggap menjadi lawan terberat. Pasalnya, PON Riau 2012 lalu, tim Jatim berhasil meraih medali emas untuk putra putri.

“Kalau untuk tim DKI, kekuatan tim Sumbar diatas. Karena waktu kejurnas tim Sumbar mampu untuk mengalahkan tim DKI. Namun untuk tim Jabar sebagai tuan rumah PON, saya belum bisa melihat peta kekuatan mereka karena pada saat kejurnas mereka tidak turun,” tuturnya.

Untuk diketahui, cabang Takraw pada PON Jabar nanti akan memperebutkan delapan medali terdiri dari emas, perak dan perunggu. Dimana, lomba yang dipertandingkan sebanyak empat kelas diantaranya kelas beregu, kelas tim, kelas double dan kelas double regu.

Sebelumnya pada PON Riau 2012, cabang takraw Sumbar berhasil menyumbangkan medali perak melalui tim takraw putra dan perunggu dari tim takraw putri.

Komentar

Olahraga PON Jabar Takraw Takraw Sumbar