Kabarpadang.com
Mengabarkan Ranah Minang

Gunung Kerinci Diisukan Jadi Milik Sumbar

Gubernur Jambi Zumi Zola : Tetap Menjadi Milik Provinsi Jambi

Gunung Kerinci, Jambi
Gunung Kerinci, Jambi

Gunung Kerinci merupakan brand wisata Provinsi Jambi kini jadi perbincangan hangat masyarakat Jambi. Pasalnya, Gunung Kerinci dan Gunung Tujuh yang selama ini milik Jambi, tiba-tiba berpindah ke kawasan Sumatera Barat setelah munculnya peta baru. Saat ini belum diketahui kapan peta itu dibuat dan atas kepentingan apa.

Meskipun demikian, Gubernur Jambi Zumi Zola mengataka, itu tidak mungkin terjadi. Sebab, Kerinci merupakan brand wisata yang selama ini telah digaungkan. Ia pun menyatakan, tidak gampang mencaploknya.

“Jangan khawatir. Gunung Kerinci milik kita dan akan tetap menjadi milik Provinsi Jambi,” ujar Gubernur Zumi Zola.

Katanya, sampai saat ini, Kerinci masih tetap menjadi brand wisata Provinsi Jambi. Terpisah Adirozal selaku Bupati Kerinci meminta agar masyarakat jangan resah. “Namanya saja sekarang masih Gunung Kerinci, bukan Gunung Solok,” terangnya.

Ia mengungkapkan, peta wilayah dibuat Kementerian Dalam Negeri. Sampai saat ini belum ada laporan dari pusat apakah itu memang benar. “Jangan terlalu cepat termakan isu seperti itu. Pastikan dan kaji terlebih dahulu saat mendapat informasi di medsos. Yang jelas, warga tenang saja menghadapi itu,” ungkapnya.

Tidak hanya itu, kabar tersebut juga ditenggarai rencana pembukaan jalur baru pendakian via Solok Selatan, Sumatera Barat. Hanya saja jalur baru tersebut ditolak mentah-mentah oleh masyarakat dan puluhan organisasi Pecinta Alam (PA) Kabupaten Kerinci. Pasalnya, jalur menuju Gunung Kerinci telah ada di Kersik Tuo, Kerinci.

Komentar
Loading...
BERITA TERKAIT