Gempa 3,9 Skala Richter Goyang Sumbar

Gempa kekuatan 3,9 Skala Richter (SR) mengguncang sejumlah daerah Sumatera Barat (Sumbar) pada pukul 17.29 WIB, Kamis (29/10).

Berdasarkan data Badan Meterologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Ketaping Padang, gempa berpusat pada 5 Kilometer Tenggara PadangPanjang, Sumatera Barat dengan kedalaman 10 Kilometer.

“Lokasi tepatnya, 0.51 Lintang Selatan- 100.44 Bujur Timur, 5 Kilometer Tenggara PadangPanjang. Gempa sendiri tidak berpotensi tsunami,” kata Kabid Informasi dan Observasi BMKG Ketaping Padang, Budi Samiaji di Padang.

Terkait getaran sendiri dirasakan pada sejumlah daerah seperti Padang Panjang, Padang Pariaman, Tanah Datar, Bukittinggi dan Kota Padang.

“Dirasakannya, untuk PadangPanjang 3-4 MMI, kemudian Sicincin, Batusangkar dan Bukittinggi 2-3 MMI. Sedangkan, Kota Padang dirasakan dengan kekuatan 2 MMI,” jelasnya.

Sementara itu, salah seorang warga Bukittinggi, Nanda mengakui gempa cukup keras dirasakan. “Terasa tadi pak, sempat keluar juga tadi, tapi tidak begitu lama gempanya,” ungkapnya dihubungi via seluler.

Komentar

BMKG Gempa Sumbar