Kabarpadang.com
Mengabarkan Ranah Minang

Gelar Aksi Damai, Ribuan Massa Bakal Padati KPU Sumbar

Gedung KPU RI. Foto : KlikNews.co
Gedung KPU RI. Foto : KlikNews.co

Sekitar 1.000 massa yang mengatasnamakan diri sebagai Gerakan Merah Putih Sumatera Barat akan menggelar aksi damai di Gedung KPU Sumatera Barat, Jalan Pramuka, Kota Padang, Jumat (15/8) sekitar pukul 14.00 WIB.

Gerakan Merah Putih sendiri diketahui merupakan para relawan dan simpatisan pendukung Calon Presiden (Capres) nomor urut satu yakni Prabowo Subianto-Hatta Rajasa di Sumatera Barat.

Diperkirakan, aksi damai diselenggarakan dalam rangka menuntut keterbukaan dari KPU Sumatera Barat selaku penyelenggara Pilpres di Sumatera Barat. Massa menuding KPU Sumbar bekerja kurang independen dengan terkesan mendukung salah satu pasangan calon.

Menanggapi kedatangan massa nantinya, Sekretaris KPU Sumbar, Hendrinal menyebutkan, pihaknya akan menerima massa tersebut. “Kita akan terima massa nanti yang katanya ribuan tersebut. Itu hak mereka, fair saja, nanti bakal kita jelaskan,” katanya di Gedung KPU Sumbar.

Menurutnya, tuntutan massa nantinya terkait Daftar Pemilih Khusus Tambahan (DPK-TB) yang dinilai sangat jauh melambung dibandingkan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT).

“Kalau sebenarnya, itu kan menyerang diri sendiri namanya. Karena, Prabowo-Hatta kan menang telak di Sumbar, ditambah kita sama-sama tahu, jika Provinsi Sumatera Barat merupakan kemenangan terbesar bagi pasangan nomor urut satu tersebut,” jelasnya.

Untuk diketahui, DPK-TB merupakan para pemilih yang menggunakan formulir A5 (pindah tempat pencoblosan), ditambah menggunakan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Selain itu, pihaknya juga mengimbau agar para pengunjuk rasa tidak berbuat aksi yang anarkis. “Ya, harus sesuai temanya yaitu aksi damai,” tegasnya.

Seperti diketahui, sidang gugatan Prabowo-Hatta di Mahkamah Konstitusi saat ini masih berlangsung. Dijadwalkan, keputusan atas gugatan Prabowo-Hatta akan dibacakan pada 22 Agustus mendatang.

Komentar
Loading...
BERITA TERKAIT