Kabarpadang.com
Mengabarkan Ranah Minang

Forum Wartawan Parlemen Padang Belajar Komunikasi di DPRD Bandung

Studi banding Forum Wartawan Parlemen dan DPRD Kota Padang terkait peningkatan komunikasi dan kerjasama antar organisasi di DPRD Kota Bandung, Senin (13/11/2017).
Studi banding Forum Wartawan Parlemen dan DPRD Kota Padang terkait peningkatan komunikasi dan kerjasama antar organisasi di DPRD Kota Bandung, Senin (13/11/2017).

Dalam menjalin sinkronisasi komunikasi dan peningkatan kerjasama kemitraan antara Kehumasan dan wartawan, Humas DPRD Kota Padang, Senin (13/11/2017) menggelar studi banding ke DPRD Kota Bandung.

Rombongan diterima oleh Kasubag Umum Sekretariat DPRD Kota Bandung, Jaja Nurjaman. Dijelaskannya, jika DPRD Kota Bandung beranggotakan 50 orang dengan 7 fraksi yang berpenduduk 2.490.622 jiwa.

Kota kembang merupakan sebutan lain untuk kota ini, karena pada zaman dulu kota ini dinilai sangat cantik dengan banyaknya pohon-pohon dan bunga-bunga yang tumbuh di sana.

Selain itu Bandung dahulunya disebut juga dengan Parijs van Java karena keindahannya. Selain itu kota Bandung juga dikenal sebagai kota belanja, dengan mall dan factory outlet yang banyak tersebar di kota ini, dan saat ini berangsur-angsur kota Bandung juga menjadi kota wisata kuliner. Dan pada tahun 2007, konsorsium beberapa LSMinternasional menjadikan kota Bandung sebagai pilot project kota terkreatif se-Asia Timur.

Saat ini kota Bandung merupakan salah satu kota tujuan utama pariwisata dan pendidikan.

Bandung akan menjadi salah satu kota tuan rumah pendukung Asian Games 2018. Infrastruktur yang sedang dibangun termasuk Metro Kapsul, sejenis sistem APM atau People mover yang dikembangkan sendiri.

Keadaan geologis dan tanah yang ada di kota Bandung dan sekitarnya terbentuk pada zaman kwartier dan mempunyai lapisan tanah alluvial hasil letusan Gunung Tangkuban Parahu. Jenis material di bagian utara umumnya merupakan jenis andosol begitu juga pada kawasan dibagian tengah dan barat, sedangkan kawasan dibagian selatan serta timur terdiri atas sebaran jenis alluvial kelabu dengan bahan endapan tanah liat.

Dijelaskan Wakil Ketua DPRD Kota Padang, Wahyu Iramana Putra, jika Forum Wartawan Parlemen (FWP) DPRD Kota Padang terbentuk pada tahun 2002, masa awal reformasi sebagai wadah yang menaungi wartawan yang bertugas di Gedung Bundar Sawahan Padang. Program DPRD tersosialisasikan lewat tulisan wartawan FWP pada masyarakat Kota Padang.

Kemudian, Ketua FWP DPRD Kota Padang, Dasrul menjelaskan tujuan studi banding ini untuk mencari data maupun regulasi bagaimana Pemko Bandung mengemas program kegiatannya dirancang humas DPRD dan Pemko untuk mempromosikan Bandung sebagai promosi wisata dengan ikonnya.

FWP juga membuat edukasi pada generasi muda dari perspektif media bisa membangun Kota Padang. “Bagaimana strateginya mensiasati semua itu. Humas di Pemko Bandung terpisah dari Kominfo pada tahun 2017 dan menjadi bagian dari Setda,”kata Dasrul.

“Harian terakomodir di PWI. Produk di Humas dilakukan oleh humas Bandung lewat kemitraan media kerjasama lewat advetorial. Media yang kerjasama akan digilir penayangannya,” kata Wawan selaku Kasubag Peliputan Media Setdako Bandung.

Selain itu, salah seorang Anggota FWP, Zamri Yahya mempertanyakan biaya makan mahal di Kota Bandung. Dijelaskan Wawan bahwa standar harga diatur dalam eComponen Budgeting Pemko Bandung.

Adrian Ascha mempertanyakan cara berkomunikasi pemimpin Kota Bandung. Kata jurnalistik, berasal dari kata jurnalism atau jurnalisme yang berarti kegiatan mengumpulkan berita.

“Juga berarti kegiatan memproduksi surat kabar. Dengan kata lain jurnalisme mengandung maksud kegiatan yang dilakukan oleh seorang wartawan,” kata Ascha.

Sedangkan kata jurnalistik dapat diartikan sebagai sesuatu hal yang berkaitan dengan pekerjaan kewartawanan. Pengertian yang berkembang di dalam masyarakat, istilah jurnalistik sama dengan jurnalisme yaitu kegiatan untuk mempersiapkan, mengedit dan menulis untuk dipublikasikan melalui media masa baik media cetak maupun media elektronik.

Perubahan Bandung sangat pesat dan taman yang indah lewat pengelolaan yang profesional karena disediakan anggaran dan didukung oleh wakil rakyatnya. Komunikasi yang dibangun Walikita Bandung bukan lewat penguasaan IT melainkan berkomunikasi yang baik lewat media sosial dan bisa dilihat publik lewat hasil kerjanya.

Masing-masing OPD membuat akun twitter. ASN bisa berkomunikasi lewat medsos diatur oleh Peraturan Menkominfo dengan adanya batasannya.

Sementara itu, Ervin Hasibuan dari Posmetro Padang mengagumi keasrian Bandung. Secara geografisnya kecil tapi tidak semacet di Padang. Bagaimana strategi Pemko Bandung mensiasati seluruh perdanyaagar berjalan sebagaimana mestinya.

Sistem era media akan dimasukkan 3 media yaitu galamedia, tribun dan pikiran rakyat. Perubahan kerjasama dari media konvensional ke media modern. Kehadiran FWP menginspirasi Humas Bandung dalam mensosialisasikan program dan aspirasi masyarakat.

Pengelolaan kebersihan sudah masuk ke rekening RW yang bertanggungjawab terhadap lingkungannya. Jalan utama menjadi tanggungjawan Dinas Lingkungan Hidup.

Debi Virnando menanyakan peran media dalam penataan Kota Bandung. Wawan menjelaskan bahwa Walikota Bandung sadar media dan menjadikan media sebagai ‘darling’ dan humas sudah pasti mendukung progran kegiatan Walikotanya.

Humas menyampaikan bahwa sebagai OPD tugasnya menyuplai peliputan selalu diberikan pada media. Pada hari Kamis ada Bandung Menjawab, saat itulah dijadikan ajang tanya jawab untuk masalah dan solusi Kota Bandung.

Komentar
Loading...
BERITA TERKAIT