Kabarpadang.com
Mengabarkan Ranah Minang

FOR Indonesia ke-6, Pelajar Pecahkan Rekor Muri denga Upacara HUT RI didalam Mall

Foto bersama dengan Mari Eka Pangestu selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Foto : Rully Satria
Foto bersama dengan Mari Eka Pangestu selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Foto : Rully Satria

Berdasarkan data kependudukan hasil SUSENAS pada tahun 2010 dari 237.556.363 penduduk Indonesia, sekitar 14 juta jiwa diantaranya adalah pelajar, mulai dari SMA, SMK, MA dan sederajat.

Angka ini menyatakan potensi terselubung dari aset sumber daya manusia yang dapat digali dan diolah bagi kemajuan negara dan bangsa di masa mendatang. Hal inilah yang menjadi dasar pemikiran untuk diselenggarakannya sebuah forum tempat bernaungnya berjuta potensi pelajar di seluruh wilayah Indonesia.

Forum Pelajar (FOR) Indonesia merupakan kegiatan yang menyediakan ruang seluas-luasnya untuk pelajar tingkat SMA sederajat di Indonesia untuk berkreasi dan berinovasi dalam menyampaikan ide serta gagasannya kepada publik.

Salah satu kekuatan FOR Indonesia yakni pelajar diberikan ruang dan kesempatan untuk menyampaikan ide serta gagasan mereka sesuai dengan apa yang diminati untuk diperjuangkan dalam berbagai bidang.

Dimulai pada tahun 2009, kegiatan ini telah berhasil membangun kemitraan strategis dengan pemerintah seperti MPR, DPR, DPD, Istana Wakil Presiden, Kementerian dan Lembaga Negara.

Disamping itu, FOR Indonesia juga telah membangun kerjasama dengan pihak korporasi nasional seperti BUMD, BUMN, Lembaga Multinasional, Media, LSM, Lembaga, Komunitas dan lainnya. Kerjasama itu tercermin dalam kegiatan lanjutan yang menjadi rekomendasi, agenda kerja dan kesepakatan yang menjadi hasil dari pelaksanaan FOR Indonesia.

FOR Indonesia ke-6 sukses dilaksanakan pada 13-17 Agustus 2014 bertempat di Jakarta. FOR tahun ini sendiri diikuti oleh 250 peserta pelajar SMA sederajat dari seluruh penjuru Indonesia.

Tahun 2014, FOR Indonesia mengangkat tema “Bangga Menjadi Indonesia”. Dimana, secara filosofis diarahkan untuk menciptakan kecintaan dan kebanggan pelajar terhadap Bangsa dan Negara Indonesia.

“Dengan berlangsungnya kegiatan ini diharapkan bahwa para pelajar di seluruh Indonesia dapat mengasah kemampuannya baik dari segi pengetahuan maupun kreativitas untuk membangun Negara Indonesia di masa yang akan datang,” kata Presiden FOR Indonesia, A. Fajar Kurniawan.

Sementara untuk kegiatan FOR Indonesia ke-6 diisi dengan beragam aktifitas mulai dari Meet The Leader, Meet The CEO, Corporate Visit, Festival Nusantara, Upacara dalam Mall, FGD, Working Group, kunjungan ke lembaga negara serta penanaman pohon.

“Setelah melalui proses seleksi yang ketat, forum ini menjadikan ruang positif dan kreatif bagi kami sebagai pelajar dalam mengemukakan ide dan gagasan” ujar Nurul Hijriah Awaliah Rahmadhani, salah satu peserta FOR Indonesia dari SMAN 4 Balikpapan.

Salah Satu acara puncak dari kegiatan dari Forum Pelajar Indonesia Tahun 2014 adalah Pemecahan Rekor MURI pada Ucapara HUT Kemerdekaan RI Ke-69. Para pelajar di Indonesia melaksanakan Upacara bendera didalam Mall Blok M Plaza, Jakarta tepat pada pukul 10.00 WIB saat perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-69, 17 Agustus 2014.

Disamping itu, kegiatan pada Blok M sendiri berlangsung selama dua hari dari tanggal 16-17 Agustus 2014. Disamping kegiatan upacara para pelajar akan menggelar festival Seni pelajar Nusantara, Pameran Kuliner Indonesia, Meet The Leader dan Meet The CEO yang akan menghadirkan Wagub Provinsi Bengkulu, Waikota Bengkulu, CEO PT. Phillips, Direktur Kerjasama ASEAN Kementerian Luar Negeri dan lainnya.

GM Blok M Plaza mengatakan bahwa kegiatan ini sebaagai komitmen perusahaan terhadap pembangunan generasi muda Indonesia.

“Kami ingin menjadikan mall tidak hanya tempat berbelanja, tetapi menjadi tempat edukasi yang bisa dimamfaatkan oleh pelajar dan generasi muda Indonesia. Kegiatan ini akan kami laksanakan secara rutin setiap tahunnya,” harapnya.

Editor : Ikhwan

Komentar
Loading...
BERITA TERKAIT