Fasilitasi Difabel, KPU Sumbar Cetak 11.123 Template Braile

Gedung KPU RI. Foto : KlikNews.co

Gedung KPU RI. Foto : KlikNews.co

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Barat (Sumbar) menyiapkan 11.123 template braile pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) pada Pilkada serentak, 9 Desember mendatang. Template ini sendiri nantinya ditujukan untuk membantu para penyandang disabilitas dalam menentukan Pasangan Calon (Paslon) pilihannya.

Koordinator DIvisi Logistik KPU Sumbar, Fikon menyebutkan, pihaknya memperuntuhkan satu template brailet bagi setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Jumlahnya sama dengan jumlah TPS yang ada, kita peruntuhkan satu karena template ini bukan surat suara namun alat bantu bagi pemilih yang berkebutuhan khusus,” katanya di KPU Sumbar, Khatib Sulaiman, Kota Padang, Jumat (16/10).

Bagi penyandang disabilitas yang menderita cacat fisik, KPU Sumbar juga telah menginstruksikan masing-masing daerah untuk membuat TPS yang mudah sesuai dengan kemampuannya.

“Iya, untuk penyandang disabilitas cacat fisik sudah kita himbau agar dibantu, kemudian TPS-nya juga dipermudah, jangan dibuat seperti panggung yang menyulitkan,” tuturnya.

Selain itu, pengadaan template braile sendiri nantinya akan bersamaan dengan surat suara. “Kita targetkan November semuanya sudah rampung. Kita harap semua logistik rampung sesuai jadwal tahapan Pilkada serentak,” pungkasnya.

Komentar

KPU Sumbar Penyandang Disabilitas Pilgub Sumbar Pilkada Serentak Politik