Kabarpadang.com
Mengabarkan Ranah Minang

FAPERA Desak KPU Sumbar Usut Zigo Terkait Dugaan Manipulasi Identitas

Gedung KPU.
Gedung KPU.

Puluhan masyarakat yang mengatasnamakan Forum Akademisi Peduli Rakyat (FAPERA) Sumatera Barat menggelar aksi demo didepan Kantor KPU Sumbar, Jalan Pramuka, Kota Padang, Kamis (7/8).

Aksi tersebut digelar menutut KPU Sumbar untuk mengusut tuntas terkait Caleg DPRD Sumbar terpilih, Zigo Rolanda dari Partai Golkar yang disinyalir oleh mereka belum cukup umur.

“Tuntaskan kasus caleg Golkar terpilih yang belum cukup umur saat pendaftaran,” sorak Koordinator FAPERA Sumbar, Amrizal saat berunjuk rasa.

Ia menyebut, Zigo terindikasi telah melakukan manipulasi identitas saat pendaftaran di KPU Sumbar. “Dia telah mengubah tanggal dan tahun lahirnya. Seharusnya tahun lahirnya 1992 diubah menjadi 1991,” jelasnya.

Selain itu, pihaknya juga menyayangkan sikap Bawaslu yang melegalkan atas pencalonan Zigo.

“Padahal dalam laporan Samratul Fuad pada 30 Mei 2014  ke Bawaslu Sumbar terkait KPU melegalitas caon peserta pemilu 2014 yang berdasarkan Peraturan KPU Nomor 07 Tahun 2013 tidak memenuhi syarat sebagai Calon anggota Legislatif atas nama Zigo Rolanda nomor urut 2 Partai Golkar Daerah Pemilihan Sumbar 7,”ujarnya.

Sementara, Kabag Humas KPU Sumbar, Agus Catur Rianto menyebutkan, kasus Zigo telah selesai dengan keluarnya penetapan pengadilan Koto Baru, Kabupaten Solok Selatan.

“Berdasarkan penetapan tersebut KPU meloloskan Zigo sebagai caleg dari Partai Golkar” katanya.

Disebut Catur, dari surat laporan pemberitahun Bawaslu Sumbar ke KPU pada 31 Mei 2014 menyatakan caleg terpilih tersebut melanggar administrasi.

“KPU Sumbar telah menyikapi surat laporan pemberitahun Bawaslu tersebut terkait caleg terpilih tersebut,”ungkapnya.

 

Komentar
Loading...
BERITA TERKAIT