Empat Pasien Terduga Virus MERS Dinyatakan Negatif

Pasien yang diduga mengidap virus MERS, Z. Binar (86) saat mendapatkan perawatan di RS M Djamil Padang. FOTO/DS
Pasien yang diduga mengidap virus MERS, Z. Binar (86) saat mendapatkan perawatan di RS M Djamil Padang. FOTO/DS

Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumatera Barat membeberkan hasil dari tes SWAP (hair liur tenggorakan) empat dari lima pasien terduga virus MERS-CoV yang dirawat di Rumah Sakit (RS) M. Djamil Padang.

Kepala Dinkes Sumbar, Rosnini Savitri menyatakan bahwa empat dari lima pasien negatif mengidap virus MERS-CoV tersebut. Hasil ini berdasarkan uji SWAP yang dikirimkan pihak Rumah Sakit kepada Litbang Departemen Kesehatan RI di Jakarta.

“Kita sudah dapatkan hasilnya, empat dari lima pasien negatif atau tidak terjangkit virus tersebut. Nantinya, kemungkinan paling lambat besok akan ada keterangan dalam bentuk tertulisnya,” katanya di kantor Dinkes Sumbar, Kota Padang, Senin (12/5).

Ia menambahkan, terkait satu pasien lagi, pihaknya masih saat ini masih akan melakukan pemantauan, dan dalam waktu dekat, sample SWAP-nya juga akan dikirimkan. “Sedangkan, satu lagi belum bisa kita pastikan, karena masuknya baru tadi pagi. Dalam waktu dekat akan dikirimkan juga sample-nya oleh pihak rumah sakit,” jelasnya.

Selain itu, pihaknya juga mengingatkan kepada calon jemaah umrah agar tetap waspada. Menurutnya, penyebaran virus MERS rentan terjadi di daerah Timur Tengah, terutama lokasi umrah.

“Kita tidak melarang, namun kalau bisa ditunda untuk sementara. Kalau memang masih sangat ingin pergi umrah, kita sudah ingatkan melalui biro perjalanan agar menyediakan masker, menghindari kontak dengan masyarakat, karena kita ketahui bahwa penularannya dari debu melalui udara,” harapnya.

Komentar
Loading...
BERITA TERKAIT