Dua Cagub Sumbar Adakan Dua Kali Kampanye Terbuka

Gedung KPU RI. Foto : Istimewa

Gedung KPU RI. Foto : Istimewa

Dua pasangan calon (Paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur di Sumatera Barat (Sumbar) bakal menggelar dua kali kampanye rapat umum atau terbuka. Hal tersebut, setelah kedua tim sukses dari kedua Paslon melaporkannya ke KPU Sumatera Barat.

“Sudah ada koordinasinya, sesuai aturan KPU Pusat, masing-masingnya bisa menggunakan maksimal dua kali kampanye rapat umum. Sejauh ini, kedua Paslon menggunakan dua kali,” kata Koordinator Divisi Logistik KPU Sumbar, Fikon di Padang, Jumat (16/10).

Ia menyebut, Paslon bernomor urut satu, Muslim Kasim-Fauzi Bahar (MK-FB) akan menggelar kampanye rapat umum pertamanya pada 28 Oktober mendatang di Kota Padang. “Kalau untuk yang keduanya, tanggal 10 November, namun lokasinya masih dibicarakan, tapi kemungkinan pada daerah Utara Sumatera Barat,” jelasnya.

Sedangkan, Paslon bernomor urut dua, Irwan Prayitno-Nasrul Abit (IP-NA) akan menggelar kampanye rapat umum pertamanya lebih cepat dibandingkan pesaingnya. “Kalau nomor urut dua, pertama 22 Oktober di Padang, kemudian yang keduanya pada 22 November di Kota Bukittinggi,” terangnya.

Terkait pengamanan sendiri, disebut Fikon, KPU hanya memfasilitasi dengan pihak terkait. “Untuk pengamanan langsung dari tim sukses masing-masing Paslon kepada pihak pengamanan dalam hal ini kepolisian, namun tetap dibantu dan diawasi oleh KPU,” sebutnya.

Seperti diketahui, Pilkada serentak akan digelar pada 9 Desember mendatang. Untuk di Sumbar sendiri, ada 1 Pilgub dan 13 Kabupaten/Kota yang digelar dalam tahap pertama tersebut.

Komentar

KPU Sumbar Pilgub Sumbar Pilkada Serentak Politik