DPRD Minta Pemko Padang Sikapi Soal Perlintasan Kereta Api

Ilustrasi.

DPRD Kota Padang meminta Pemerintah Kota (Pemko) Padang untuk menyikapi serius terkait banyaknya pengendara jalan yang menjadi korban dari Palang Pembatas Kereta Api pada sejumlah ruas jalan.

Wakil Ketua DPRD Kota Padang, Wahyu Iramana Putra menyebutkan, sejatinya harus ada perhatian secara menyuluruh dari Pemko Padang.

Ditambah lagi, adanya gagasan dari Pemprov Sumatera Barat dalam memunculkan kembali moda transportasi kereta api.

Menurut Wahyu, salah satunya dapat dilakukan seperti mengebut jalur rel menuju Bandara Internasional Minangkabau (BIM), Padang Pariaman.

“Perkembangan saat ini telah sangat pesat, apalagi berbicara transportasi. Tentunya program Sumatra Trans Railway perlu didukung. Tapi, di daerah kita sendiri pembatas jalan kereta tidak ada, tentu jadi perhatian bersama untuk mengurangi korban laka,” kata Wahyu di Padang, Selasa (10/10/2017).

Ditambahkan Wahyu, penataan jalur rel, terutama plang pembatas lintasan kereta api sangat diperlukan. Pasalnya dari hari ke hari, sudah memakan banyak korban.

“Soal anggaran memang tidak dapat diposkan ke PT. KAI. Hanya bersifat kordinasi antara KAI dan Dishub,” jelas Wahyu.

Selain itu, Ketua Komisi III DPRD Padang Zulhardi Zakaria Latif menyatakan, pihaknya akan bakal menindaklanjuti persoalan itu dengan stakeholder terkait.

Namun, Zulhardi sendiri belum dapat memastikan kapan hal itu akan dilakukan. Karena, saat ini seluruh Anggota DPRD Padang tengah melaksanakan pembahasan tentang APBD Kota Padang 2018 bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemko Padang.

“Nanti akan kita undang keduanya (KAI dan Dishub) agar persoalan jalur perlintasan dapat terselesaikan dan tidak lagi memakan korban jiwa,” kata Zulhardi.

Komentar
Loading...
BERITA TERKAIT