Dosen Untag Semarang Tulis Buku “Memotret Data Kualitatif dan Kuantitatif”

Buku “Memotret Data Kualitatif dan Kuantitatif” karya Dr. Munawar Noor, MS.

Buku “Memotret Data Kualitatif dan Kuantitatif” karya Dr. Munawar Noor, MS.

Hari Pendidikan Nasional 2015, Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universtas 17 Agustus 1945 (Untag) Semarang, Dr. Munawar Noor, MS., merilis buku terbarunya, “Memotret Data Kualitatif dan Kuantitatif”.

Buku yang diterbitkan FAM Publishing, Divisi Penerbitan Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia tersebut ditujukan penulis sebagai panduan ilmiah para mahasiswa S1, S2, S3 yang akan atau sedang menulis Skripsi, Tesis, dan Disertasi.

“Buku ini merupakan rangkuman dari berbagai referensi metodologi penelitian kualitatif dan kuantitatif,” ujar Munawar Noor, Sabtu (2/5/2015).

Menurutnya, ide penulisan buku itu berangkat dari pengalamannya dalam penelitian maupun membimbing mahasiswa yang pada umumnya kesulitan ketika memilih design penelitiannya.

“Untuk memudahkan para mahasiswa itu, saya merangkum dari berbagai sumber dalam satu buku dengan contoh design penelitian kualitatif dan kuantitatif yang mudah dipahami,” jelas Munawar Noor yang merupakan Dosen Metodologi Penelitian Administrasi, Kebijakan Publik, Pengembangan Kelembagaan, Pelayanan Publik, Perilaku Organisasi pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universtas 17 Agustus 1945 (Untag) Semarang sejak tahun 1984 dengan jabatan akademik Lektor Kepala.

Dia berharap, terbitnya buku itu dapat memudahkan mahasiswa dalam memahami metodologi dengan pilihan design penelitian yang diminati, sehingga ketika menulis tugas akhir yang merupakan analisis hasil penelitiannya tidak harus bertahun-tahun.

Selain dosen, sejak tahun 2006 Munawar Noor menangani Lembaga Penjaminan Mutu setelah menjabat Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Poltik dan Pembantu Rektor Bidang Akademik sejak tahun 1997.

Sejumlah buku karyanya yang telah terbit, di antaranya: Pengembangan/Pelembagaan Organisasi (2005), Kepemimpinan (2008), Perencanaan/Pengendalian (2010), Pendidikan Nasionalisme (2009), Evaluasi Kebijakan Publik (2013), Teori Implementasi Kebijakan Publik (2013), Pelayanan Publik (2010), Teori Organisasi (2012), Perilaku Organisasi (2014), Statistik Inferensial (2013), Kebijakan Publik (2010), Menegemen Sumber Daya Manusia (2010), Dimensi Prima Organisasi dan Kelembagaan (2014), Birokrasi Melayani Publik (2015), dan Membangun Ekonomi Kerakyatan (Model Blusukan) (2015).

(FAM Indonesia)

Komentar

Edukasi Feature Sosial