Kabarpadang.com
Mengabarkan Ranah Minang

Don Hasman, Sederhana Penuh Makna

 – 


Fotografer Senior, Don Hasman. Foto : Istimewa
Fotografer Senior, Don Hasman. Foto : Istimewa

Siapa yang tak kenal Don Hasman, peraih penghargaan 100 Famous Photographers in The World dari Pemerintah Perancis pada tahun 2000. Salah satu fotografer ternama asal Indonesia yang menekuni dunia etnofotografi.

Don Hasman lahir pada tanggal 7 Oktober di DKI Jakarta, 5 tahun sebelum kemerdekaan Indonesia dikumandangkan. Ia mulai mengenal dunia fotografi sejak umur 11 tahun dan memulai debutnya dari tahun 1980-an.

Don Hasman merupakan seorang fotografer yang memiliki jiwa petualang. Ia memusatkan objek potretnya pada aspek-aspek antropologi daerah-daerah terpelosok di Indonesia yang ia dapatkan melalui kunjungannya ke daerah-daerah tersebut.

Pria yang akrab dipanggil “Bang Don” ini telah menelusuri banyak suku pedalaman. Penjelajahan alam bebasnya pun sudah tak diragukan, sudah mendaki banyak gunung didunia. Salah satu pencapaian terhebatnya, tercatat sebagai orang pertama Indonesia yang menginjakkan kaki di Himalaya dan sudah mencapai puncak Gunung Kilimanjaro di Tanzania pada tahun 1985.

Di umur yang sudah tak muda lagi, Bang Don masih diakui eksistensinya sebagai fotografer yang amat diperhitungkan di Indonesia. Karya-karya terbarunya dapat diakses langsung memalui official website www.donhasman.com.

“Memotret peristiwa kehidupan sehari-hari kita bisa menghentikan waktu dengan melihat hasil foto yang berbeda dengan kejadian setelah kita memotret.” -Don Hasman.

Komentar
Loading...
BERITA TERKAIT