Kabarpadang.com
Mengabarkan Ranah Minang

Dokter Muda Kedokteran Unand Bentuk ‘Masyarakat Peduli TBC’

Kegiatan penyuluhan mengenai TB paru dan pembentukan ‘Masyarakat Peduli TB’ oleh 11 dokter muda Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Andalas (Unand) di Kelurahan Lambung Bukit, Kecamatan Pauh, Kota Padang.

Penyakit tuberkulosis paru atau yang lebih dikenal dengan TBC (TB paru) masih menjadi masalah terbesar dalam kesehatan di dunia. Hal ini dikarenakan penularan kuman TB paru yang sangat tinggi.

Orang yang menderita penyakit TB paru akan menularkan kuman TB kepada orang disekitarnya saat ia batuk, bersin, berbicara, tertawa maupun bernyanyi. Sejak tahun 2014, jumlah penderita TB paru di Indonesia menduduki peringkat kedua terbanyak di dunia, menyusul negara India pada posisi pertama. Kedua negara pada posisi teratas ini telah menyumbang setidaknya 43 persen dari kasus TB paru diseluruh dunia.

Hal inilah yang melatarbelakangi 11 dokter muda Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Andalas (Unand) untuk mengangkat kegiatan penyuluhan mengenai TB paru hingga membentuk gerakan ‘Masyarakat Peduli TB’.

Pembentukan ‘Masyarakat Peduli TB’ itu dipusatkan pada empat RW yang berada di Kelurahan Lambung Bukit, Kecamatan Pauh, Kota Padang. Sebelum penyuluhan tentang TB paru digelar, dokter muda bersama petugas Puskesmas Pauh telah membentuk dan memberikan pembekalan bagi kader TB pada Rabu, 22 November 2017 lalu.

Jumlah kader yang telah dibentuk berjumlah, 13 orang, sesuai dengan jumlah RT yang ada di wilayah kelurahan Lambung Bukit. Seluruh kader tersebut nantinya diharapkan dapat menjaring suspek (terduga) TB sebanyak-banyaknya pada wilayah tempat tinggalnya.

Puncaknya, Penyuluhan TB paru dilaksanakan pada Sabtu, 25 November 2017 di Masjid Al-Ikhlas RW 03 dan Masjid Quba RW 01, kemudian pada Minggu, 26 November 2017 di Masjid Al-Mukmin RW 02 dan Masjid Ainul Yaqin RW 04.

Kegiatan terlebih dahulu diawali dengan pelantikan secara simbolis ‘Masyarakat Peduli TB’ oleh kepala Puskesmas Pauh, dr. Desy Susanty dan dosen bagian Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran Unand, Abdiana, S.KM, M.Epid.

Setelah pelantikan, kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian materi terhadap 70 peserta oleh Dokter Muda Ratih Siwi Purnamasari.

Kegiatan penyuluhan mengenai TB paru dan pembentukan ‘Masyarakat Peduli TB’ oleh 11 dokter muda Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Andalas (Unand) di Kelurahan Lambung Bukit, Kecamatan Pauh, Kota Padang.

Dalam pemaparannya, Ratih menjelaskan seputar gejala, cara penularan, pengobatan, dan pencegahan penyakit TB paru. Lalu agar mudah dipahami, penyuluhan juga diselingi dengan berbagai video ilustrasi mengenai penyakit TB.

Diharapkan dengan adanya penyuluhan, seluruh warga yang mengalami gejala TB paru segera memeriksakan diri ke Puskesmas. “Dengan begitu, angka kejadian penyakit TB paru di kelurahan Lambung Bukit dapat ditekan semaksimal mungkin karena jumlah penderita TB di tempat ini memiliki proporsi tertinggi dari seluruh kelurahan yang ada di Kecamatan Pauh,” ujar Ratih mewakiliki dokter muda lainnya.

Terpenting, menurut para dokter muda ini, penyuluhan ini membuat masyarakat menjadi tahu, jika TB paru merupakan penyakit yang dapat disembuhkan dengan rutin meminum obat selama enam bulan.

Sementara itu, salah seorang warga Ani menyebut, penyuluhan ini sangat membantu bagi warga yang hadir. Pasalnya, diakuinya, banyak warga yang belum mengetahui tentang gejala maupun penyebab dari penyakit TB paru tersebut.

“Kami sangat berterimakasih karena jadi tahu bahwa penyakit TB paru bukan penyakit kutukan dan bukan pula penyakit keturunan seperti yang dianggap oleh kebanyakan masyarakat,” kata Ani.

Komentar
Loading...
BERITA TERKAIT