Distribusi Raskin di Sumbar Terkendala SPA

Beras Miskin (Raskin) yang Akan Didistribusikan di Sumbar Foto: antarasumbar.com

Beras Miskin (Raskin) yang Akan Didistribusikan di Sumbar Foto: antarasumbar.com

Penyaluran beras miskin (Raskin) 2015 di Sumbar secara resmi diluncurkan, Rabu (11/2) di Gubernuran, Sumbar. Namun baru Kota Padang yang menyerahkan Surat Pengajuan Alokasi (SPA).

Sementara 18 kabupaten/kota lainnya sampai saat ini belum menyerahkan SPA. Aki­batnya Bulog belum bisa men­distribusikan raskin untuk daerah yang belum me­nye­rahkan SPA.

“Tanpa SPA kita tidak bisa melakukan distribusi. SPA adalah penuntun kita untuk menyalurkan Raskin ini,” ujar Kepala Badan Urursan Logis­tik (Bulog) Divre Sumbar, Ajun Ansol Siregar usai Pelun­curan Raskin 2015 di Guber­nuran, Sumbar, Rabu (11/2).

Peluncuran Raskin 2015 secara resmi ini, ditandai dengan melepas dua truk berisi 104 ton raskin untuk Kelu­rahan Padang Timur.

Sementara Gubernur Sum­­bar, Irwan Prayitno me­ngatakan, pembenahan data penerima masih perlu dila­kukan pada distribusi raskin tahun ini. Karena masalah pendataan sering menjadi ken­dala penyaluran raskin.

“Semoga ke depan pen­data­annya lebih baik lagi, se­hingga penyaluran raskin le­bih tepat sasaran,” ujar guber­nur.

Terkait SPA, gubernur me­ngim­bau seluruh kabupaten/ko­ta untuk segera mengirimnya agar raskin segera disalurkan. Kuota Raskin untuk Sumbar ta­hun ini sebanyak 49.577.580 Kilo­gram untuk 19 kabupaten/kota di Sumbar dengan Rumah Tangga Sasaran (RTS) sama dengan tahun  lalu 275. 431 RTS.

“Kita berharap, Januari ini raskin sudah bisa didis­tribu­sikan bupati/walikota kepada keluarga penerima di daerah masing-masing,” tuturnya.

Dalam penyaluran beras mis­kin tahun ini Kabupaten Men­tawai tetap mendapatkan ja­tah Raskin. Ini adalah tahun ke­dua Kabupaten Mentawai men­dapat jatah Raskin. (harianhaluan.com)

Komentar

Raskin Sumbar