Diskon Belanja Online ? Tunggu 12 Desember 2016

Ilustrasi Belanja Online. Foto : Internet

Ilustrasi Belanja Online. Foto : Internet

Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 2016 telah resmi diumumkan akan digelar pada 12 Desember 2016 mendatang. Pihak panitia sendiri telah membuka pendaftaran bagi Startup Digital terutam eCommerce yang ingin mengikuti hari besar belanja online ini hingga 23 Oktober 2016, kemarin.

Namun, berapa banyak eCommerce yang mendaftar pada tahun 2016, belum diketahui dan masih menunggu verifikasi dari panitia Harbolnas 2016.

Harbolnas 2016 sendiri mengusung tema ‘Indonesia Online’ dengan perayaan kelima semenjak digelar dari tahun 2012.

“Harbolnas tahun ini akan menjadi perayaan belanja online paling heboh di Indonesia. Kami ingin memastikan semua pelaku eCommerce di Tanah Air dapat berpartisipasi dan memberikan penawaran terbaik bagi konsumen belanja online di Indonesia,” kata Ketua Panitia Harbolnas 2016, Miranda Suwanto yang juga merupakan SVP Strategic Partnership Lazada Indonesia beberapa minggu lalu dikutip dari Liputan6.

Misi hadirnya Harbolnas adalah mengajak sebanyak-banyaknya masyarakat Indonesia untuk berbelanja online. Pasalnya, belanja online mempermudah masyarakat dalam mendapatkan suatu barang yang dinginkan.

Sekedar informasi, Hari Belanja Online Nasional atau akrab disapa Harbolnas hadir pertama kalinya pada tahun 2012. Kegiatan tahun khusus Indonesia tersebut didukung berbagai mitra kerjasama pada ekosistem eCommerce, Industri Telekomunikasi, Perbankan, Logistik, Payment Gateway dan Media.

Pada pertama kalinya, Harbolnas hanya diikuti oleh tujuh eCommerce diantaranya Lazada, Zalora, Berrybenka, PinkEmma, Bilna (orami), Traveloka dan Luxola. Kemudian meningkat pada tahun kedua, 2013, dimana diikuti 22 eCommerce. Lalu, menyusul tahun 2014 semakin meningkat, sebanyak 78 eCommerce dan puncak dikenal besarnya Harbolnas pada tahun 2015 kemarin, dimana mencapai 140 eCommerce yang berpartisipasi.

Naiknya pamor Harbolnas pada tahun 2015, lantaran eCommerce besar seperti Bukalapak, Tokopedia dan Lazada memberikan diskon yang amat besar dan publikasi promosi yang sangat luas. Hal ini pun menarik perhatian masyarakat, terutama pengguna belanja online di Indonesia.

Tahun ini, Hari Belanja Online Nasional akan diselenggarakan yang kelima kalinya dengan fokus meningkatkan kualitas pengalaman konsumen dalam berbelanja online.

Hari Belanja Online Nasional diselenggarakan sebagai usaha kolaboratif untuk mendorong pertumbuhan industri e-commerce tanah air dan memperkenalkan manfaat belanja online kepada lebih banyak konsumen di Indonesia.

Komentar

Belanja Online eCommerce Harbolnas 2016 Startup Digital