Dihelat, Kontes Robot Indonesia Regional Sumatera

Kontes Robot Indonesia Regional Sumatera di Politeknik Negeri Padang. FOTO/YATHADA
Kontes Robot Indonesia Regional Sumatera di Politeknik Negeri Padang. FOTO/YATHADA

Kontes Robot Indonesia (KRI) Regional I Sumatera kembali diadakan pada tahun 2014 bertempat di Politeknik Negeri Padang terhitung dimulai dari 16-17 Mei mendatang.

Konesi ini digelar untuk melahirkan pemenang wilayah Sumatera yang nantinya akan kembali mengikuti kompetisi untuk bisa mewakili Indonesia dalam Asia Pasific Broadcasting Union (ABU) di Pune, India.

Kompetisi robot ini terbagi dari sejumlah kategori diantaranya Kategori Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI), Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI), Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) dan Kontes Robot Seni Indonesia (KRSI).

KRI sendiri telah resmi dimulai semenjak dibuka pada hari ini, Sabtu (16/5) di Politeknik Negeri Padang. “Pemenang dari kontes ini akan kembali diadu lagi di Yogyakarta untuk seleksi se-Indonesia,” kata Ketua Pelaksana KRI Regional I Sumatera, Sulfayondri kepada wartawan.

Ia menjelaskan, kontes robot ABU mengacu pada Robocon dengan bertemakan “Taman Bermain Anak Indonesia”. Sedangkan, robot pemadam api tipe roda dan kaki merupakan robot yang bisa mencari sumber api untuk dipadamkan.

“Untuk robot sepak bola Indonesi yaitu robot yang bertanding bola. Terakhir, robot seni merupakan robot yang mengangkat sesuai dengan namanya seni, saat ini temanya tari Jaipong,” jelasnya.

Ia juga optimis, wilayah Regional I Sumatera bisa meraih keberhasilan dengan mewakili Indonesia di kancah Internasional nantinya. “Kita optimis, tim dari wilayah Sumatera bisa mewakili Indonesia di Internasional,” harapnya.

Laporan : Yathada

Editor : Ikhwan

Komentar
Loading...
BERITA TERKAIT