Di Sumbar, Gas Elpiji 12 Kilogram Turun 6.400 Rupiah

Gas Elpiji.

Gas Elpiji.

Penurunan harga Gas Elpiji 12 Kilogram di Sumatera Barat terbagi menjadi dua harga. Harga sendiri disesuaikan dengan masing-masing daerah sesuai ketentuan dari Pertamina Pusat.

Agen yang mengambil dari Stasiun Pengisian dan Pengangkutan Bulk Elpiji (SPBE) Padang akan mendapatkan harga Rp.141.600 untuk satu tabungnya. Sedangkan agen resmi yang mengambil dari suplai SPBE Payakumbuh, satu tabungnya dengan harga Rp.139.800.

“Untuk di Sumatera Barat sendiri mengalami penurunan harga Gas Elpiji sebesar Rp.6.400. Dimana, ada dua harga tergantung ambilnya di SPBE Padang atau Payukumbuh untuk satu tabung Elpiji berat 12 Kilogram,” kata External Relation Pertamina Region I Sumatera, Zainal Abidin dihubungi via seluler di Medan, Rabu (16/9).

Ia menjelaskan, harga Elpiji 12 Kilogram pada agen resmi diluar radius 60 Kilometer dari SPBE lebih tinggi dibandingkan yang didalam radius tersebut. “Adapun harga Elpiji 12 kg di agen resmi di luar radius 60 km dari SPPBE lebih tinggi karena ditambahkan dengan komponen biaya transportasi,” jelasnya.

Selain itu, diturunkannya harga Elpiji 12 Kilogram yang merupakan produk Elpiji Non Subsidi karena setelah adanya pertimbangan Historical harga CP Aramco dan Kurs Dolar Amerika. “Kemudian juga estimasi pergerakan harga CP Aramco termasuk kurs Dolar tersebut,” tuturnya.

Pertamina sendiri tidak menampik kemungkinan adanya penyesuaian harga selanjutnya. Dimana, dilakukan pada periode tertentu dengan mengacu dan memperhatikan Fluktuasi CP Aramco dan kurs Dolar Amerika yang berlaku.

Komentar