Kabarpadang.com
Mengabarkan Ranah Minang

Di Sumbar, Empat TPS Pemilihan Ulang

Ilustrasi
Ilustrasi

Empat Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Sumatera Barat melaksanakan Pemilihan Suara Ulang (PSU) lantaran diduga pelaksanaannya diluar prosedur Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Koordinator Divisi Logistik dan Keuangan KPU Sumbar, Fikon mengatakan, empat TPS yang dinyatakan melaksanakan PSU yakni satu di Kota Bukittinggi, satu di Kabupaten Sijunjung dan dua di Kota Padang.

“Untuk Kota Bukittingi dan Kabupaten Sijunjung hari ini dimulai serentak PSUnya. Alhamudillah sampai saat ini tidak ada kendala, semuanya aman terkendali. Sedangkan untuk Kota Padang dilaksanakan besok,” katanya di Padang, Sabtu (12/7).

Adapun rekomendasikan PSU diterapkan pada empat TPS tersebut, Fikon menjelaskan bahwa ada kesalahan prosedur, terutama di Kota Bukittinggi dan Kabupaten Sijunjung.

“Sedangkan untuk di Kota Padang, PSU dilakukan karena ada sekitar 100 orang lebih yang memilih hanya menggunakan KTP luar Padang tanpa adanya formulir A5 dan didominasi mahasiswa yang mengaku telat mengurus formulir A5 tersebut,” jelasnya.

Terkait logistik, terutama surat suara, KPU Sumatera Barat dari awalnya telah menyediakan 1.000 surat suara setiap KPU Kabupaten/Kota yang diperuntuhkan apabila adanya PSU.

“Kita sudah sediakan 1.000 masing-masing Kabupaten/Kota. Surat suara ini memang diperuntuhkan apabila di suatu daerah ada pelaksanakan PSU,” tutupnya.

Komentar
Loading...
BERITA TERKAIT