Kabarpadang.com
Mengabarkan Ranah Minang

Depankan Peran Media, Komnas HAM MOU Dengan IJTI

ijti 014 (2)Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) mendatangani nota kesepakatan dengan Komisi Nasional (Komnas) Hak Asasi Manusia (HAM) di Axana Hotel Kota Padang, Senin (23/12) siang. Kesepakatannya adalah pengawasan terhadap penyajian berita serta partisipasi dalam menuju Pemilihan Umum (Pemilu) 2014 mendatang.
Ketua Komnas HAM Indonesia, Siti Noor Laila menyebutkan, IJTI memiliki peranan penting sebagai salah satu narasumber dan informan tercepat bagi Komnas HAM dari setiap daerah. “IJTI senantiasa menjadi salah satu pendongkrak dan cara kami mendapatkan informasi terbaru dari daerah-daerah yang ada di Indonesia,” katanya saat MOU kesepakatan kerjasama, siang.
Faktor itulah yang menjadi latar belakang utama bagi Komnas HAM melakukan kerja sama dengan IJTI Pusat, guna mendapatkan informasi terbaru yang ada pada setiap daerah. “Latar belakang itulah membuat kami bergerak untuk dapat bekerja sama dengan IJTI, karena bisa mendapatkan informasi cepat pada setiap daerahnya,” tuturnya.
MOU kesepakatan langsung ditanda tangani oleh Ketua IJTI Pusat Yadi Hendriana bersama Ketua Komnas HAM, Siti Noor Laila. Tiga point kesepakatan yang ditandatangani, diantaranya tata cara penyajian informasi kepada publik oleh media agar bisa menginsirasi masyarakat, sekuat mungkin untuk dapat mempengaruhi persepsi masyarakat terkait dengan berbagai isu Hak Asasi Manusia, dan ikut berpartisipasi dalam Pemilu 2014 dengan peran pengawasan dalam penyampaian informasi Publik.
Selain itu, kedua lembaga besar berperan penting ini juga melakukan diskusi terkait beberapa pelanggaran HAM yang terjadi di daerah. Yadi mengingatkan kepada seluruh para anggota IJTI di seluruh daerah, agar dapat Independen dalam menyampaikan informasi tanpa adanya keberpihakan kepada pemilik media maupun pribadi serta golongan.
“Wartawan itu haruslah selalu Independen, karena ini merupakan informasi publik, dan publik juga harus mengetahuinya,” katanya.
Turut hadir, Ketua Ikatan Jurnalis Siaga Bencana Sumatera Barat Jhon Nedy Kambang, dosen Fakultas Hukum Universitas Andalas serta seluruh Jurnalis Televisi yang ada di Sumatera Barat.
Komentar
Loading...
BERITA TERKAIT