Cuaca Buruk Landa Sumbar, IAGI Ingatkan Warga Waspada

iLUSTRASICuaca buruk disertai hujan intensitas tinggi kembali melanda kota Padang sejak hari Sabtu (28/12) kemarin sore. Bahkan, hingga Minggu (29/12) siang ini, hujan lebat masih mengguyur kota Padang.

Akibatnya, pada sejumlah kawasan, terjadi banjir yang ketinggiannya dari kaki hingga paha orang dewasa. Berdasarkan pantauan, kawasan yang melanda banjir cukup parah terdapat di kawasan Aru, Bypass, Tabing dan Pondok kota Padang.

Tak hanya di kota Padang, cuaca buruk disertai hujan intensitas tinggi juga melanda pada sejumlah daerah di Sumatera Barat. Diantaranya, Pasaman Barat, Padang Panjang, Pariaman, Padang Pariaman, Bukittinggi, Agam, Pasaman, Tanah Datar, dan Solok.

Sementara itu, menurut salah seorang ahli Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) Sumatera Barat, Ir. Ade Edward menyebutkan, berdasarkan prakiran Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geologi (BMKG), intensitas hujan ini masih akan berlanjut hingga Januari 2014.

Menurutnya, Sumbar memiliki resiko Topografi besar, hal ini nantinya akan berdampak terjadinya banjir di daratan rendah serta kawasan muara sungai.

“Longsor dan banjir bandang, berpotensi menimpa pada daerah dekat aliran sungai terjal perbukitan pada kawasan bukit barisan, seputaran gunung api dan perbukitan terjal lainnya,” jelasnya, saat dihubungi via telephone, Minggu (29/12) siang.

Lanjutnya, kawasan muara pantai juga dapat berpotensi besar, apabila bertepatan hujan di hulu dan pasang naik air laut. Pasang naik sendiri tercatat di bulan ini akan terjadi pada “New Moon” tanggal 1 Januari 2014, kurang lebih 3 hari.

Ade mengharapkan agar masyarakat pada sekitar kawasan itu, dapat waspada terhadap ancaman tersebut. “Kita harapkan masyarakat bisa melihat bagaimana dampaknya nanti, untuk masyarakat dapat waspada, karena sewaktu-waktu bencana dapat terjadi melihat cuaca buruk saat ini,” tambahnya.

Selain itu, dirinya juga menghimbau kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) tingkat Kecamatan hingga Kabupaten/Kota dapat menyiagakan personil dan peralatannya di setiap daerah rawan banjir bandang serta longsor.

Komentar
Loading...
BERITA TERKAIT