Capai Target, Baznas Padang Bakal Buka Klinik Gratis

Baznas

Baznas

Badan Zakat Amil Nasional (Baznas) Kota Padang berencana akan membuka klinik kesehatan dan bersalin yang melayani masyarakat secara gratis. Klinik ini nantinya akan dibuka selama 24 jam dengan sasaran masyarakat miskin.

Kepala Baznas Padang, Epi Santoso menyebut, saat ini pihaknya tengah mengupayakan untuk membangun klinik tersebut melalui dana Baznas.

“Kita sedang mengupayakan dapat menggunakan gedung eks Rumah Sakit Asri. Jika tidak kita akan cari ruko-ruko yang representatif untuk pelayanan kesehatan,” katanya di Padang, Kamis (4/2).

Untuk tenaga kliniknya nanti, Epi menyebut akan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Padang. “Untuk membuka klinik ini, kita punya saving dana sisa tahun sebelumnya sebesar Rp. 4 milyar. Dana itu bisa terus ditambahkan melalui penjualan voucher wakaf dan infak,” imbuhnya.

Menurutnya, program ini dibuat setelah pencapaian target yang memuaskan Baznas sepanjang tahun 2015 kemarin. Dimana, tahun 2015, Baznas memasang target Rp.22 Miliar tetapi yang terealisasi melebihi target, Rp.22,53 Miliar.

“Kita optimis, target tersebut dapat dicapai melalui beberapa program baru yang akan kita optimalkan dalam pengumpulan zakat,” sebutnya.

Sedangkan di tahun 2016, Baznas sendiri memasang target dapat merealisasikan hingga Rp.24 Miliar. “Kita berharap bisa seperti tahun 2015, mudah-mudahan,” tuturnya.

Selain itu, program lain yang akan dilakukan tahun 2016 adalah ‘Gebrak Pasar’. Dimana, program memberikan pemahaman tentang zakat kepada para pedagang, termasuk membuka Unit Pengumpulan Zakat (UPZ)

“Dari sini diharapkan akan semakin tumbuh kesadaran berzakat dari para muzaki dan menyalurkannya melalui Baznas,” pungkasnya.

Komentar

Baznas Padang Ekonomi Raskin Zakat