BMKG Himbau Kondisi Cuaca di Sumatera Barat

Ilustrasi. Foto : TribunNews

Ilustrasi. Foto : TribunNews

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Ketaping Padang, mengimbau agar masyarakat waspada akan ancaman bencana, karena kondisi cuaca yang memasuki Pancaroba di Sumatera Barat.

Kasi Observasi dan Informasi, BMKG Ketaping Padang, Budi Samiaji mengatakan, berdasarkan pantauan pihaknya, kondisi atmosfer terkini terdapat adanya indikasi potensi hujan intensitas tinggi disertai petir dan angin kencang.

“Kondisi ini merata di daerah Sumatera Barat. Diprediksi, kondisi ini akan terjadi selama tiga hari kedepan,” katanya di Padang, Jumat (25/11).

Untuk itu, pihaknya mengimbau agar masyarakat waspada, karena kondisi ini bisa menimbulkan bencana, seperti banjir, pohon tumbang, tanah longsor dan kondisi jalan yang licin.

“Kita mengimbau untuk masyarakat waspada. Karena, saat ini kita juga memasuki pengaruh dari musim cuaca pancaroba yang terjadi di Indonesia, terutama di Sumatera Barat,” jelasnya.

Untuk diketahui, selama dua bulan belakangan, ada sejumlah peristiwa terjadi di Sumatera Barat. Semisal, bencana tanah longsor yang terjadi di daerah Kabupaten Solok dan Sitinjau-Lauik (jalan lintas Padang-Solok) beberapa minggu lalu.

Komentar

Bencana Alam BMKG Musim Pancaroba