Kabarpadang.com
Mengabarkan Ranah Minang

Biar ‘Nga Nyampah’ Larang Bawa Minuman Botol

Countdown Asian Games 2018 dibuka secara resmi oleh Presiden RI Joko Widodo.
Countdown Asian Games 2018 dibuka secara resmi oleh Presiden RI Joko Widodo.

Acara Countdown Asian Games 2018 dalam area silang Barat Daya Monas, Gambir, Jakarta Pusat. Para penonton dilarang “Nyampah”, hal tersebut sudah protap, dan itu terjadi ketika petugas melakukan pengecekan tiap pengunjung yang masuk dalam acara, yang dibuka secara resmi oleh Presiden RI Joko Widodo, Jumat malam (18/8/2017).

Sebelum Presiden Joko Widodo atau akrab disapa Jokowi menghitung mundur untuk membuka acara akbar, dengan memamerkan kemampuan memanahnya. Para pengunjung diperiksa dengan rapi pada empat pintu metal detektor. Mulai dari tas dan sampai barang bawaan.

Walau telah ada imbauan agar menyimpan dan membuang botol minuman dan kantong kresek di tempat yang telah disediakan, dan atau dengan menyimpan dalam tas bawaan masing-masing. Tetap saja, petugas menyitanya. Salah seorang pengunjung tak merasa kesal dengan tindakan petugas.

“Awalnya sih kesal, tapi setelah saya pikir-pikir nga apa-apa juga, mungkin agar areanya tak nyampah,” sebut salah seorang pengunjung bernama Dewi, asal Rawamangun, Jakarta Timur.

Lewat pengeras suara, Presiden Jokowi akan naik panggung dan memulai aksi memanahnya. Dengan sigap, orang nomor satu di Indonesia itu dengan sedikit Bismillah.

“Mari kita sambut 365 hari menjelang Asian Games ke 18 di 2018,” ucap Jokowi, sembari melepaskan busur panah ke arah layar, saat itu pula, layar LED otomatis menghitung mundur. Gelora tepuk tangan bergemuruh.

Alasan lain petugas agar tidak membawa minuman botol untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Tidak hanya itu, senjata tajam dan senjata api menjadi atensi kepolisian setempat. Seperti dikatakan Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Suyudi Ario Seto.

“Kita takutnya ada yang bawa miras, dan ini sudah sesuai prosedur agar acara aman dan para pengunjung juga nyaman,” pungkasnya.

Komentar
BERITA TERKAIT