BI: Indonesia Terpuruk diantara Lima Negara Besar ASEAN

Bank Indonesia

Bank Indonesia

Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo mengatakan Indonesia adalah satu-satunya negara yang mengalami defisit transaksi berjalan, diantara lima negara besar di Asean.

“Indonesia kalau membandingkan dirinya dengan negara 5 besar Asean, Indonesia satu-satunya negara yang transaksi berjalannya defisit,” kata Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo di Jakarta, Rabu (4/11)

Dengan demikian kata dia, Indonesia lebih banyak melakukan impor dibandingkan ekspor barang.

Ia menjelaskan dalam perbincanggannya dengan Presiden Finlandia Sauli Niinistos untuk melihat ekonomi Indonesia dari skala Asia.

Dalam kunjungan Sauli Niinistos ke Bank Indonesia, Agus menyampaikan bahwa Asean merupakan ekonomi terbesar ke tiga di Asia setelah Tiongkok dan Jepang, sedangkan di Asean, Indonesia adalah ekonomi terbesar di kawasan.

“Ekonomi terbesar ke 3 dari Asia yaitu, pertama Tiongkok, kedua Jepang dan yang ketiga Asean dan di Asean yang besar Indonesia,” paparnya.

Namun Agus tetap optimis menghadapi tantangan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) pada akhir tahun ini, ia menegaskan bahwa ekonomi Asean sedang mengalami pertumbuhan.

(aktual.com)

Komentar

Bank Indonesia Ekonomi