BERAGAM, Segenggam Beras Penyambung Hidup Si Miskin

BERAGAM Alkaline Healing Water Foto: Shintia Rahmadini

BERAGAM Alkaline Healing Water Foto: Shintia Rahmadini

Gerakan Beras Genggaman (Beragam) merupakan program yang dicanangkan oleh Mantan Walikota Padang Fauzi Bahar untuk membantu kehidupan masyarakat Kota Padang yang kurang mampu. Segenggam beras penyambung hidup Si Miskin adalah motto program tersebut. Sebenarnya program beras genggaman ini sudah terencana sejak Fauzi Bahar masih manjabat, namun beliau belum menemukan alat penarik agar masyarakat Kota Padang berpartisipasi dalam program ini.

Barulah pada tahun 2015 ini program tersebut terlaksana dengan mengikutsertakan Alkaline Healing Water. Air yang berkhasiat untuk mengobati berbagai penyakit ini didistribusikan ke seluruh kelurahan di Kota Padang melalui majelis ta’lim. Pendistribusian pertama dilakukan pada tanggal 19 s.d 20 Januari 2015 silam.

“Ya, sebenarnya program ini sudah lama. Namun, Pak Fauzi Bahar belum menemukan sesuatu yang bisa menarik masyarakat. Dan memang air tersebut didistribusikan memalui majelis ta’lim,” ungkap Triana Puspasari salah seorang pendistribusi program tersebut yang juga Ketua Majelis Ta’lim Kel. Cengkeh, Kec. Lubuk Begalung.

Wanita yang akrab dipanggil Rina itu juga menjelaskan bahwa program ini dijalankan dengan menawarkan dua liter Alkaline Healing Water kepada masyarakat. Untuk pengambilan pertama, masyarakat menyerahkan uang sepuluh ribu rupiah. Pengisian ulangnya gratis tetapi masyarakat harus membawa segenggam beras saat isi ulang tesebut. Pengambilan dan pengisian ulang dapat dilakukan di MTI Kecamatan masing-masing.

“Pengambilan pertama itu dibayar Rp 10.000,- tetapi isi ulangnya gratis. Saat isi ulang itulah masyarakat membawa segenggam beras. Beras itu nanti dikumpulkan se-kecamatan lalu diberikan ke wilayah yang masyarakatnya kurang mampu,” jelas Rina.

Beras tersebut akan dijual ke masyarakat kurang mampu dengan harga Rp 2.500,- per kilonya dengan isi perkarungnya 10 kilogram beras. Namun, beras genggaman yang terkumpul saat ini dirasa belum cukup untuk membantu mereka yang kurang mampu.

“Bisa dilihat, beras yang terkumpul masih jauh dari perkiraan,” tuturnya.

Sedangkan Alkaline Healing Water sendiri berasal dari air tanah di daerah Ulak Karang. Air minum jernih yang menyehatkan ini mengandung antioksidan, alkaline dan microcluster yang diprioritaskan untuk orang yang memiliki penyakit.

“Makanya didistribusikan melalui majelis ta’lim. Jika ada yang mengeluh sakit, bisa ditawarkan air tersebut,” kata Rina.

Menurut Rina, program ini didanai sepenuhnya oleh Fauzi Bahar.

“Sejauh ini, program ini dananya masih dari Pak Fauzi Bahar sendiri,” tutup Rina.

Komentar

Air Minum Sehat Beragam Beras Genggaman kota padang