Banyak ibu yang tak mengira lahirkan anak di angka 11-12-13

Bagi sebagian orang tanggal 11 bulan 12 (Desember) tahun 2013 merupakan tanggal cantik yang tepat untuk melahirkan. Bahkan tidak sedikit orangtua yang sengaja merencanakan kelahiran anaknya di tanggal tersebut dengan melakukan operasi bedah sesar.

Namun tidak demikian dengan 4 ibu yang melahirkan bayinya di RSUP Persahabatan Rawamangun, Jakarta Timur. Walaupun keempatnya melahirkan dengan cara sesar, tapi hal tersebut bukan karena direncanakan, melainkan melalui persalinan operasi emergency.

“Hari ini ada empat bayi yang lahir, yaitu dua laki-laki dan dua perempuan dua bayi perempuan memang melalui persalinan operasi emergency,” ujar Yuli Kasih, seorang Dokter Anak Rumah Sakit Persahabatan, Rabu (11/12).

Dikatakan Yuli, kondisi keempat bayi ini sehat dan normal. Yuli menjelaskan, kandungan dari keempat ibu bayi tersebut memang telah memasuki bulan yang cukup untuk melahirkan. Menurutnya, jika ada orangtua yang memesan persalinan dengan tanggal yang diinginkan harus melalui konsultasi dengan dokter kandungan masing-masing.

“Harus dilihat, kalau memungkinkan kami lakukan, tapi kalau ada keluhan dan kontraksi harus didahulukan, tidak bisa ditunda,” jelasnya.

Sementara itu, di RSUD Koja, Jalan Jampea Kecamatan Koja, Jakarta Utara, setidaknya ada 7 ibu yang melahirkan bayinya di tanggal 11-12-13. Enam di antaranya melahirkan dengan operasi sesar, sedang 1 orang dengan persalinan normal.

“Tapi keenamnya melahirkan secara sesar karena ada indikasi medis. Kalau berdasarkan indikasi sosial tentu kita tolak,” ujar Kepala Ruang Persalinan RSUD Koja, Sri Mulyati.

Keenam orang yang melahirkan secara caesar adalah, Posinaningsih (33), Rizky Octaviani (19), Nur Maufrikha, Ivon Melasari (32), Isti Jaibah (30) dan Darini (33). Sedangkan yang melahirkan secara normal adalah Hani Fauziah (34).

Hendra Budiman (36) suami dari pasien melahirkan Hani Fauziah (34), mengatakan proses lahiran anak keduanya itu tidak karena direncanakan pada hari ini. Bahkan saat kontrol kehamilan di bidan dekat rumahnya di RT 06/05 Kelurahan Semperbarat, diprediksi kelahiran terjadi pada Kamis (12/12) esok.

“Tapi malam tadi sudah mules-mules, langsung saya bawa ke sini pukul 23.00 dan melahirkan sekitar pukul 05.00 dini hari tadi. Saya sih tidak memikirkan tanggal lahiran, yang penting anak dan istri saya selamat semuanya,” ucapnya seraya bersyukur.

sumber:merdeka.com

Komentar
Loading...
BERITA TERKAIT