Bantu Korban Asap, WALHI Sumbar Dirikan Posko Evakuasi

WALHI.

WALHI.

Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) Sumatera Barat (Sumbar) membuat ‘Gerakan Solidaritas Rakyat Sumbar untuk Korban Asap’. Gerakan ini sendiri dilakukan untuk membantu masyarakat yang terkena dampak kabut asap, terutama di Riau dan Jambi.

Direktur Eksekutif WALHI Sumbar, Uslaini menyebutkan, gerakan ini merupakan langkah evakuasi bagi para korban pencemaran asap di Sumatera. WALHI memfasilitasi dengan menyediakan rumah untuk tempat evakuasi serta layanan untuk para korban.

“Gerakan ini sudah kita mulai hari ini, kita sediakan rumah untuk tempat tinggal para korban, dan berbagai layanan untuk membantu mereka. Karena, udara di Riau dan Jambi sudah tidak layak lagi untuk dihirup bagi masyarakat disana,” katanya di Padang, Kamis (22/10).

Penyedian tempat evakuasi oleh WALHI diutamakan bagi keluarga yang memiliki bayi, balita, anak, lanjut usia (lansia), ibu hamil dan menyusui. “Kita sampaikan, jika ada keluarga yang ingin mengungsi karena kabut asap tersebut silahkan datang ke Posko Gerakan di Sekretariat WALHI Sumbar, Jalan Beringin 3 No.9 Lolong, Kota Padang,” jelasnya.

WALHI juga mengajak masyarakat Sumatera Barat yang sukarela memberikan rumah maupun kamar kosongnya untuk turut berpartisipasi. “Kita sangat berharap bantuan dari seluruh masyarakat Sumbar, yang punya rumah tidak digunakan maupun ada kamar kosong silahkan laporkan ke kami, mari kita sama-sama bantu saudara kita,” harapnya.

Bagi calon pengungsi, WALHI juga mengadakan persyaratan namun diakui tidak sulit. Calon pengungsi hanya perlu membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) ke Sekretariat. “Data ini nanti kita gunakan untuk pendataan dan penyerahan kepada tuan rumah maupun Ketua RT setempat,” sebutnya.

Komentar

Kabut Asap Lingkungan Sosial Sumbar WALHI Sumbar