Kabarpadang.com
Mengabarkan Ranah Minang

Bank Nagari Kembali Ditunjuk Jadi Penerima Setoran Biaya Haji

Kantor Pusat Bank Nagari. Foto : Internet
Kantor Pusat Bank Nagari. Foto : Internet

Badan Pengelolaan Keuangan Haji (BPKH) kembali menunjuk Bank Nagari (PT Bank Pembangunan Daerah Sumatera Barat) sebagai salah satu bank penerima setoran biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPS-BPIH) dalam rentan April 2018 hingga Maret 2021.

Keputusan ini sendiri setelah adanya penetapan hukum dari BPS-BPIH yang tertuang dalam Undang-undang Nomor 34 tahun 2014, Peraturan Pemerintah Nomor 5 Tahun 2018 Pasal II dan Peraturan BPKH Nomor 4 Tahun 2018.

“Alhamdulillah, Bank Nagari kembali mendapat kepercayaan dari Badan Pengelolaan Keuangan Haji (PKH). Dengan penunjukan ini berharap dapat mendongkrak penghimpunan dana pihak ketiga (DPK), khususnya melalui produk Tabungan Haji,” kata Direktur Kredit dan Syariah Bank Nagari, Hendri, beberapa waktu lalu.

Hendri menyebutkan, untuk menunjang pelaksanaan Penerimaan Setoran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPS-BPIH), Bank Nagari telah mempersiapkan sarana dan prasarana pendukung.

Adapun sarana itu diantaranya, Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (siskohat), jaringan pelayanan (outlet) di seluruh kantor Bank Nagari serta sumber daya insani (SDI) untuk mempermudah nasabah dalam melakukan setoran BPIH.

“Saat ini, Bank Nagari telah memiliki Tabungan Haji sebagai sarana bagi nasabah untuk menabung untuk memenuhi setoran awal biaya penyelenggaraan ibadah haji. Sehingga, para calon jamaah haji bisa melakukan penyetoran tabungan haji tersebut,” jelas Hendri.

Berdasarkan data Bank Nagari, tahun 2017 jumlah calon jamaah haji yang telah melakukan penyetoran mencapai 4.815 nasabah. Sementara, calon jamaah haji yang telah melakukan pelunasan 1.271 nasabah.

Dikatakan Hendri, kedepan, setelah penunjukan itu, Bank Nagari akan fokus mengembangkan produk dan program-program haji di antaranya Tabungan Haji.

“Termasuk, menjalin kemitraan dengan Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) serta biro perjalanan haji dan umrah, dan lain-lain,” tutupnya.

Komentar
Loading...
BERITA TERKAIT