Banjir Rendam Ribuan Rumah di Pesisir Selatan

Ilustrasi.

Hujan dengan intensitas tinggi sejak Rabu (4/1/7) malam, membuat ribuan rumah di Kabupaten Pesisir Selatan terendam banjir.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pesisir Selatan, Prinurdin mengatakan, ribuan rumah tersebut tersebar pada empat kecamatan diantaranya Bayang, Bayang Utara, IV Jurai dan Batang Kapas.

Berdasarkan informasi, disebut Prinurdin, banjir terjadi pada Pukul 5.00 WIB dengan ketinggian air berkisar satu sampai dua meter. “Kami telah menurunkan tim guna secepatnya mengevakuasi korban,” katanya di Painan, Kamis (5/1/2017).

Khusus di Bayang Utara, tim dilengkapi dengan alat berat guna membuka akses jalan yang tertimbun longsor. Sementara di Batang Kapas tim dilengkapi dengan empat unit perahu karet guna mengevakuasi korban yang terisolir akibat banjir.

Hingga saat ini pihaknya belum menerima adanya korban banjir yang meninggal dunia. “Mudah-mudahan dengan diturunkannya tim bisa meminimalisir dampak dari bencana ini,” tuturnya.

Dia mengimbau kepada masyarakat terutama pada empat daerah yang dilanda banjir tetap waspada mengingat cuaca yang masih berpotensi hujan. Selain itu dia juga mengimbau masyarakat agar segera melapor jika terjadi banjir sehingga bantuan bisa segera di datangkan.

Terpisah, seorang warga Bayang, Emil (30) mengatakan dampak dari hujan deras pada Rabu malam juga mengakibatkan jalan aspal yang tidak jauh dari rumahnya rusak akibat arus banjir. “Kami berharap tim dari kabupaten segera turun menangani bencana ini,” harapnya.

[aktual]

Komentar
Loading...
BERITA TERKAIT