Kabarpadang.com
Mengabarkan Ranah Minang

Baliho Calon Marak, Pengamat : Itu Sah-sah Saja Asal Tak Melanggar

Pengamat Politik Universitas Andalas, Edi Indrizal.

Pengamat Politik Universitas Andalas, Edi Indrizal menyebut kampanye yang dilakukan masing-masing Bakal Calon (Balon) saat ini merupakan hal yang sah-sah saja.

Kampanye melalui dari beragai Balon Pilkada Padang tahun 2018 seperti baliho dan spanduk sendiri saat ini tengah menjamur pada sejumlah ruas jalan di Kota Padang.

Edi mengatakan, jika perkenalan dan sosialisasi merupakan hal yang paling mendasar dalam mengikuti Pilkada. Pasalnya, sosialisasi menjadi salah satu ‘momok’ mengenalkan masing-masing calon kepada masyarakat.

“Sah-sah saja, sekarang waktunya para Balon melakukan sosialiasi, memperjuangkan kedikenalan, kedisukaan dan mengharapkan bermurah kedipilihannya. Disamping itu, sosiliasi adalah salah satu langkah yang harus dipenuhi masing-masing calon, karena itu mempengaruhi suara nanti, walaupun mereka sendiri sudah terkenal,” kata Edi di Padang, Selasa (15/8/2017).

Terkait regulasi penyelenggara pemilu dalam kampanye tersebut, dikatakan Edi, jika saat ini tidak menyalahi aturan karena belum masuk dalam wewenang pengawasan Panwaslu.

“Masa sekarang itu belum masuk dalam wewenang pengawasan Panwaslu, karena tahapan resmi Pilkada juga belum masuk,” jelas Edi.

Namun begitu, Edi menyarankan, pemasangan maupun penempatan alat kampanye masing-masing Balon haruslah mengacu pada regulasi yang diatur pemerintah. “Sebagai bagian dari iklan media luar ruang, ini harus mengacu terhadap regulasi yang diatur Pemerintah Kota Padang,” sebut Edi.

Selain itu, soal alat kampanye para Balon, Edi berpesan agarlah dipersiapkan lebih kreatif dan baik. Pasalnya, sosialiasi cara ini juga akan mempengaruhi pilihan masyarakat secara langsung maupun tidak langsung.

“Dipersiapkan (alat kampanye) lebih kreatif dan baik. Mulai dari desainnya, pesannya, pilihan medianya, ukurannya hingga penempatannya. Jika tidak, bisa juga justru menjadi kontraproduktif atau tidak menguntungkan,” harapnya.

Komentar
BERITA TERKAIT