Kabarpadang.com
Mengabarkan Ranah Minang

Bahkan Gelombang Suara Tak Lagi Aman !

bahkan-gelombang-suara-pun-tidak-lagi-amanApabila selama ini para cybercriminal mencuri data menggunakan Wi-Fi atau juga jaringan internet, ada kemungkinan bahwa di kemudian hari, mereka dapat melakukannya hanya dengan melalui gelombang suara.

Menurut penelitian para ahli komputer di Jerman, Fraunhofer Institute for Communication, Information Processing and Ergonomics, penyadapan dan pencurian data di kemudian hari tidak lagi membutuhkan jaringan internet atau melalui Wi-Fi. Hal itu dapat dilakukan dengan cara menggunakan gelombang suara.

Dalam sebuah penelitian, para ilmuwan tersebut mengujicobakan sebuah cara baru untuk dapat menembus sisi keamanan komputer paling aman pun dengan menggunakan gelombang suara.

Seperti dikutip dari Daily Mail (04/12), hanya dengan menggunakan microphone pada sebuah laptop, maka semua hal itu dapat mereka lakukan. Bahkan, menurut mereka, tidak hanya menyadap dan mencuri data saja, ada kemungkinan para cybercriminal juga dapat menyisipkan malware jahat ke dalam sebuah komputer melalui cara ini.

“Jaringan atau gelombang suara merupakan ancaman terhadap keamanan komputer di masa mendatang,” jelas peneliti.

Tentunya menjadi satu hal yang mengkhawatirkan ketika selama ini menganggap bahwa internet adalah tempat yang jauh dari kata aman ternyata gelombang suara pun juga dapat masuk dalam kategori yang tidak aman pula.

sumber:merdeka.com

Komentar
Loading...
BERITA TERKAIT